THE CONVERSATIONAL IMPLICATURES AND THE COOPERATIVE PRINCIPLES IN MONSTERS UNIVERSITY

  • Marcelia Hardianti Rukmini

Abstract

Sebuah ujaran dapat mengandung makna tambahan terlepas dari makna literal yang dimilikinya. Fenomena linguistik ini kemudian diformulasikan oleh Grice (1975) sebagai Implikatur Percakapan. Dengan tujuan memprediksi dan menjelaskan secara lebih mendalam tentang Implikatur percakapan, Grice (1974) mengembangkan teori lain bernama prinsip –prinsip koperatif. Prinsip ini mengandung empat bidal yang dikenal dengan nama bidal Grice. Dalam studi ini, akan membahas implikatur percakapan, makna tambahan, serta kaitannya terhadap prinsip koperatif dalam sebuah naskah film yang berjudul Monsters University.

Data dalam studi berbentuk ujaran-ujaran yang dikutip langsung dari naskah film Monsters University dengan menggunakan metode dokumentasi. Lantas, data-data tersebut dianalisa melalui metode dekriptif kualitatif. Teori yang diterapkan meliputi teori Implikatur dan prinsip-prinsip koperatif, yang mana kedua teori tersebut dikemukakan oleh Grice (1975).

Dari hasil analisa, diperoleh kesimpulan bahwa implikatur percakapan, sengaja atau tidak sengaja, telah diadopsi oleh tokoh-tokoh dalam naskah film Monsters University. Implikatur percakapan membuat makna tambahan yang sangat erat kaitannya dengan konteks situasi. Dengan mengacu pada makna tambahan tersebut, tokoh-tokoh dalam film dianggap telah ‘menaati’ prinsip-prinsip kooperatif yang memang selayaknya diindahkan dalam percakapan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-09-10
How to Cite
RUKMINI, Marcelia Hardianti. THE CONVERSATIONAL IMPLICATURES AND THE COOPERATIVE PRINCIPLES IN MONSTERS UNIVERSITY. Humanis, [S.l.], sep. 2015. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/15586>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Implikatur percakapan, prinsip- prinsip koperatif, bidal Grice