THE ANALYSIS OF PREPOSITION IN THE NOVEL “THE PERKS OF BEING A WALLFLOWER” BY STEPHEN CHBOSKY

  • Yudi Adi Saputra I Kadek

Abstract

Makalah ini berjudul The Analysis of Preposition in the Novel “The Perks of Being A Wallflower”. Makalah ini bertujuan untuk menganalisa fungsi sintaksis dari kata depan at, in, on, from, dan for serta makna dari kata depan at, in, on, from, dan for.

Semua data merupakan kutipan kalimat-kalimat dari novel The Perks of Being A Wallflower yang digolongkan berdasarkan jenis-jenis kata depan yang ditentukan serta dikembangkan menurut teori yang diterapkan dalam makalah ini.

Ada dua teori grammar yang diaplikasikan untuk menganalisa data, berdasarkan teori pokok dari Randolph Quirk, et. al. (1985) serta berdasarkan teori dari George Yule (1998) sebagai teori pendukung untuk menganalisa makna kata depan tersebut.

Hasil dari analisa makalah ini yaitu ditemukannya fungsi sintaksis dari frase kata depan yang diawali at, in, on, from, dan for sebagai kata tambahan (adjunct, disjunct, and conjunct), tapi hampir semua frase kata depan sebagai adjunct yang menentukan place adjunct, time adjunct, source adjunct, dan target adjunct. Beberapa frase kata depan juga sebagai pengubah frase benda dan pelengkap. Berdasarkan makna, kata depan at, in, on, from, dan for menunjukkan tempat, waktu, sebab-akibat, dan lokasi dalam kiasan/metafora. Kata depan yang menunjukkan tempat dapat menentukan point in space with no dimensions, line or surface with one or two dimensions, dan area or volume with two or three dimensions. Serta kata depan yang menunjukkan waktu dapat menentukan point of time dan period of time.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-08-10
How to Cite
I KADEK, Yudi Adi Saputra. THE ANALYSIS OF PREPOSITION IN THE NOVEL “THE PERKS OF BEING A WALLFLOWER” BY STEPHEN CHBOSKY. Humanis, [S.l.], aug. 2015. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/15583>. Date accessed: 04 may 2024.
Section
Articles

Keywords

Kata depan, fungsi sintaksis, dan makna