THE PLOT OF BOB MARLEY’S BIOGRAPHY WITH REFERENCE TO FILM ENTITLED “MARLEY”

  • Yudis Adi Pratama

Abstract

Makalah ini berjudul “Alur cerita Biografy Bob Marley berdasarkan film yang berjudul „Marley?”. Makalah ini bertujuan untuk menganalisa dan mengidentifikasi jenis dan bagian-bagian plot yang ada didalam film biografy dokumenter yang berjudul “Marley”.
Teori yang diaplikasikan dalam penelitian ini berdasarkan pada teori dari Tarigan (1984) yang mengklasifikasikan plot kedalam 3 jenis utama yaitu; Lucky Plot, Actor Plot, dan Thinking Plot. Teori dari Kenney (1984) yang membagi 3 unsur plot yaitu; Beginning (Exposition), Middle dan The end (Endouement), digunakan untuk menganalisa unsur-unsur plot di dalam film tersebut. Pengumpulan data dalam penelitan ini dilakukan dengan menonton film dengan seksama dan mengumpulkan transkrip dari film tersebut.
Berdasarkan analisis dan pemaparan, ditemukan bahwa 3 jenis utama plot yang ada dalam film tersebut yang pertama pada Lucky Plot mengacu kepada Action Plot, selanjutnya berdasarkan jenis yang kedua yaitu Actor Plot mengacu kepada Reform Plot, dan yang jenis plot yang terakhir yaitu Thinking Plot mengacu kepada Education Plot. Bedasarkan analisis selanjutnya tentang 3 unsur dasar plot seperti, Beginning, Middle, dan The End dapat ditemukan dalam film ini.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
ADI PRATAMA, Yudis. THE PLOT OF BOB MARLEY’S BIOGRAPHY WITH REFERENCE TO FILM ENTITLED “MARLEY”. Humanis, [S.l.], july 2015. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/14293>. Date accessed: 04 may 2024.
Section
Articles

Keywords

Plot, Biography, Bob Marley