LANGUAGE VARIANTS USED BY GAMERS IN RAGNAROK ONLINE II: LEGEND OF THE SECOND SOUTH EAST ASIA
Abstract
Membahas mengenai perubahan bahasa, seperti diskusi antara orang-orangmuda yang sering memperlakukan bahasa sebagai entitas independen dari pembicara
dan penulis. Pada kenyataannya, tidak begitu banyak bahwa bahasa itu sendiri
berubah, karena pembicara dan penulis lah mengubah cara mereka menggunakan
bahasa. Sebagaimana remaja bermain game online berkomunikasi menggunakan
bahasa Inggris sebagai bahasa tertulis dan menciptakan kata-kata baru yang
mempengaruhi fenomena perubahan bahasa. Dalam komunitas seperti komunitas
online gamer, mereka telah mengubah makna dan gaya bahasa Inggris dengan cara
mereka sendiri untuk berkomunikasi. Fenomena linguistik menjadi tujuan dari tulisan
ini. Makalah ini terutama difokuskan pada adanya perubahan bahasa dalam bahasa
Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menggambarkan jenis
fenomena bahasa Inggris yang digunakan oleh para gamers dan menganalisa
mengapa gamers menggunakan jenis bahasa Inggris tersebut di antara mereka.
Setelah menganalisis data, ada empat fenomena Perubahan Bahasa yang digunakan
oleh para gamers yang terjadi pada data; Bahasa Gamer, kata-kata Slang, Pidgin
English dan Kode-Switching.
Downloads
Download data is not yet available.
How to Cite
JAYA WINDU, Adi.
LANGUAGE VARIANTS USED BY GAMERS IN RAGNAROK ONLINE II: LEGEND OF THE SECOND SOUTH EAST ASIA.
Humanis, [S.l.], july 2015.
ISSN 2302-920X.
Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/14292>. Date accessed: 22 nov. 2024.
Section
Articles
Keywords
Perubahan Bahasa, fenomena bahasa, Game Online