VISUAL COMMUNICATION ELEMENTS OF “WHEN YOU’RE GONE” MUSIC VIDEO CLIP
Abstract
Video musik adalah sebuah film pendek atau video yang mendampingi alunan musik,umumnya sebuah lagu. Video musik modern berfungsi sebagai alat pemasaran untuk
mempromosi sebuah album rekaman. Istilah video musik mulai popular pada tahun 1980-an
dengan adanya MTV. Sebelumnya, video musik disebut klip promosi atau film promosi. Salah
satu penyanyi dari Amerika Serikat yang menggunakan teknologi ini untuk mempromosikan
lagu andalannya adalah Avril Lavigne. Dalam salah satu video musiknya yang berjudul
When You’re Gone, lagu tersebut bertemakan kesedihan yang disebabkan oleh perasaan
rindu terhadap seseorang yang telah pergi. Komunikasi Visual ditemukan dalam video musik
ini yang membuat penonton lebih mudah menangkap maksud atau pesan dari lagu tersebut.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa arti dari video musik When
You’re Gone dalam hal ini menggunakan teori Visual Communication Elements. Setelah
melakukan analisis, hampir semua elemen dari komunikasi visual digunakan di video music
tersebut seperti penampilan, tingkah laku dan properti
Downloads
Download data is not yet available.
How to Cite
MAHARDIKA, Ganggas.
VISUAL COMMUNICATION ELEMENTS OF “WHEN YOU’RE GONE” MUSIC VIDEO CLIP.
Humanis, [S.l.], july 2015.
ISSN 2302-920X.
Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/14286>. Date accessed: 22 nov. 2024.
Section
Articles
Keywords
Video Musik, Komunikasi Visual, dan Avril Lavigne