VERBAL AND VISUAL SIGNS OF MEN’ S FRAGRANCE ADVERTISEMENTS IN THE DETAILS MAGAZINE

  • Putu Christiyaningrat Ary Fizziela

Abstract

Penelitian ini berjudul “Verbal and Visual Sign of Men’s Advertisment in
the DETAILS Magazine” Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
mengidentifikasi dan menggambarkan tanda verbal dan visual yang ditemukan
dalam iklan wewangian. Lebih khusus, hal ini dimaksudkan untuk menganalisis
fungsi dan makna tanda untuk membantu pembaca memahami pesan dari
wewangian iklan cetak.
Data penelitian ini diambil dari majalah DETAILS edisi Juni - Juli 2014
yang dianalisis berdasarkan teori sign oleh Chandler. Yang menyatakan bahwa
tanda sebagai komposisi 'penanda' dan 'bertanda'. Teori kedua makna oleh Leech
dalam bukunya yang berjudul "Semantic of Meaning". Secara umum sebuah iklan
memiliki tujuh jenis berarti mereka: makna konseptual, makna konotatif, makna
gaya, afektif, reflected, collocative, dan tematik.
Analisis ini menunjukkan bahwa tanda-tanda verbal dan visual memiliki
korelasi dengan data dan sangat penting untuk membuat iklan yang baik. Analisis
ini menjelaskan bahwa setiap majalah memiliki cara yang berbeda untuk
menyampaikan sebuah iklan, baik dari segi struktur maupun komponen. Dalam
hal tanda-tanda verbal dan visual, teks dalam iklan umumnya dalam arti
konseptual, karena pembaca dapat memahaminya dengan lebih mudah. Arti lain,
seperti makna konotatif juga ditemukan dalam teks. Mereka bertujuan untuk
menarik perhatian dan membangkitkan minat pembaca untuk membelinya

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
CHRISTIYANINGRAT ARY FIZZIELA, Putu. VERBAL AND VISUAL SIGNS OF MEN’ S FRAGRANCE ADVERTISEMENTS IN THE DETAILS MAGAZINE. Humanis, [S.l.], july 2015. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/14177>. Date accessed: 02 may 2024.
Section
Articles