ANALYSIS OF FIGURATIVE LANGUAGE USED IN THE SONG LYRICS OF LADY GAGA’S ALBUM “THE FAME”
Abstract
Makalah ini berjudul “Analysis of Figurative Language Used In The SongLyrics of Lady Gaga’s Album “The Fame”. Ada dua tujuan dari penulisan yaitu,
pertama adalah untuk mengidentifikasi jenis-jenis bahasa figurative yang terdapat
dalam lirik lagu. Yang kedua adalah bertujuan untuk menganalisis makna dari
bahasa figurative yang disampaikan dalam lirik lagu Lady Gaga. Data diambil dari
album lagu Lady Gaga yang berjudul “The Fame”. Album ini dirilis pada tahun
2008. Teori-teori yang digunakan dalam menganalisis tulisan ini yaitu, pertama
adalah teori yang diusulkan oleh K.L Knickerbocker & H.Williard Reninger (1963)
yang mengusulkan jenis-jenis bahasa figuratif seperti simile, metaphor,
personification, synecdoche, metonymy, hyperbole, irony, paradox, dead metaphor,
dan allusion. Teori kedua diusulkan oleh Leech (1974) yang mengusulkan maknamakna
bahasa figurative yaitu stylistic meaning, affective meaning, reflective
meaning, locative meaning, dan thematic meaning. Hasil penulisan ini menunjukkan
bahwa jenis bahasa figuratif yang diusulkan oleh K.L Knickerbocker & H.Williard
Reninger (1963) yang digunakan pada lirik-lirik lagu dalam album ini adalah
hyperbole dan metaphor. Selain itu hasil juga menunjukkan makna-makna bahasa
figuratif yang diusulkan oleh Leech (1974) yang terdapat pada album lagu ini adalah
connotative meaning. Mereka adalah jenis-jenis dan makna bahasa figuratif yang
ditemukan dalam beberapa lirik lagu pada album ini.
Downloads
Download data is not yet available.
How to Cite
AGUS DARMAYASA, I Kadek.
ANALYSIS OF FIGURATIVE LANGUAGE USED IN THE SONG LYRICS OF LADY GAGA’S ALBUM “THE FAME”.
Humanis, [S.l.], july 2015.
ISSN 2302-920X.
Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/13645>. Date accessed: 22 nov. 2024.
Issue
Section
Articles
Keywords
Bahasa Figuratif, Hiperbola,Makna Konotasi