STRUGGLE OF LIFE AGAINST THE ENVIRONMENT IN DEFOE’S THE LIFE AND ADVENTURES OF ROBINSON CRUSOE

  • I Wayan Gede Ariarta

Abstract

Dalam studi ini karya penulis terkenal Inggris Daniel Defoe yang berjudul The Life and Adventures of Robinson Crusoe dipilih untuk dianalisis. Buku ini dianggap sebagai novel pertama dalam kesusastraan Inggris. Tokoh utama dalam cerita ini adalah Robinson Crusoe, seorang pemuda yang berasal dari keluarga kaya berkebangsaan Inggris. Ayahnya seorang pedagang yang sukses dan berharap sang anak menjadi seorang ahli hukum kelak. Namun bukan impian seorang Robinson untuk hidup nyaman dengan hartanya, ia lebih memilih menjadi seorang pelaut. Crusoe kabur dari rumah hanya untuk menemui bencana. Kapalnya karam dihantam badai sampai pada akhirnya Crusoe terdampar di sebuah pulau terpencil tak berpenghuni.
Di pulau tersebut, dia mempelajari semuanya dari awal dengan peralatan seadanya. Peralatan itu dia dapatkan dari kapalnya yang hampir karam tak jauh dari pulau itu. Dari mulai membuat rumah, perkakas dapur, menumbuhkan padi dan gandum, membuat kapal, menjinakkan binatang hingga beternak. Robinson melanjutkan hidup dan belajar dengan keterbatasan. Tak ada teknologi dan komunikasi dengan sesama manusia. Sempat ia menyalahkan takdir dan menyesal, namun itu tidak melunturkan semangat hidupnya. Dalam kesendiriannya, Crusoe justru menjadi lebih dekat dengan Tuhan, lebih mensyukuri hidup dengan segala sesuatu yang dimilikinya. Daniel Defoe menggunakan sudut pandang orang pertama, sehingga pembaca seperti membaca sebuah diary seorang petualang.
Paper ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Sumber data primer dalam penulisan ini adalah novel The Life and Adventures of Robinson Crusoe sendiri dan data sekunder berasal dari sumber lain yang berhubungan dengan analisis data seperti buku tentang teori sastra yang dikemukakan oleh William Kenney (1966) dalam bukunya How to Analyze Fiction, dan buku Theory of Literature yang ditulis oleh Rene Welek and Austin Waren (1962).
Hasil dari penulisan ini menyatakan bahwa ada hubungan yang erat antara manusia dan lingkungannya dan bagaimana manusia mampu bertahan hidup melawan lingkungan yang liar tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
ARIARTA, I Wayan Gede. STRUGGLE OF LIFE AGAINST THE ENVIRONMENT IN DEFOE’S THE LIFE AND ADVENTURES OF ROBINSON CRUSOE. Humanis, [S.l.], mar. 2015. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/12199>. Date accessed: 01 may 2024.
Section
Articles

Keywords

shipwreck, deserted island, survive