FIGURATIVE LANGUAGE IN SONG LYRICS OF PARAMORE

  • Ni Wayan Juniartini

Abstract

Judul penelitian ini adalah "Penggunaan Bahasa figuratif di Song Lyric of Paramore album Brand New Eyes". Hal ini bertujuan untuk mengetahui empat jenis bahasa kiasan dan menganalisis sebagai makna. Fungsi bahasa kiasan adalah cara khusus penulis lagu menyampaikan pengalamannya atau imajinasi untuk memberikan perasaan yang fantastis untuk

seseorang yang mendengarkan atau membaca lirik lagu ini. Lirik lagu dari Paramore album Brand New Eyes adalah sumber data, telah dikumpulkan dengan men-download lirik sebelum diidentifikasi ke dalam bahasa kiasan. Setelah identifikasi data telah selesai maka dianalisis dengan menerapkan metode kualitatif yang menggambarkan kata-kata yang dianggap sebagai bahasa kiasan berdasarkan teori bahasa kiasan yang diusulkan oleh Knickerbocker dan Willard Reninger ( 1963 ). Dan ada tujuh jenis makna yang diusulkan oleh Leech menganalisis dalam penelitian ini Setelah data telah dianalisis dan dibahas, maka dapat disimpulkan ada empat jenis bahasa kiasan  yang digunakan dalam lirik dari lima lagu mereka : hiperbola, metafora, personifikasi, simile. Selain itu ada tujuh jenis makna yang dianalisis dalam penelitian ini yaitu: makna konseptual,makna konotatif makna gaya, makna afektif, makna collocative, makna tematik.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
JUNIARTINI, Ni Wayan. FIGURATIVE LANGUAGE IN SONG LYRICS OF PARAMORE. Humanis, [S.l.], nov. 2014. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/10990>. Date accessed: 27 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Bahasa figuratif, lirik lagu, makna.