SEMIOTIC ANALYSIS OF “THE CONJURING” MOVIE POSTER ADVERTISEMENT

  • Ni Luh Putu Juliantari

Abstract

Jurnal ini difokuskan pada analisis tanda, baik tanda-tanda verbal maupun visual
yang diemukan dalam beberapa iklan poster film yang berjudul “The Conjuring”.
Analisis ini juga bertujuan untuk mengetahui makna yang ditimbulkan oleh tanda-tanda
semiotic dalam iklan poster tersebut. Data dalam analisis ini diambil dari tiga poster
“The Conjuring” yang ditemukan di sebuah situs internet yaitu bersumber dari
http/moviepostercollectors.com. Jurnal ini dianalisis mengunakan beberapa teori, yaitu
teori mengenai tanda yang diungkapkan oleh Saussure (1974), dan juga menggunakan
beberapa teori pendukung seperti teori Verbal and Visual Aspect yang dikemukakan oleh
Dyer (1986) yang digunakan untuk menganalisis tanda-tanda verbal dan visual poster
dalam jurnal ini,. Theory of Colour Term yang dibuat oleh Wierzbicka (1996) juga
digunakan untuk menganalisis makna yang trekandung dalam warna-warna yang muncul
di dalam iklan poster. Jurnal ini membahas tanda-tanda verbal yang ditemukan dalam
poster yang trdiri dari: judul, sub judul, font size, situs internet, pembuat film, logo
institusi dan tanggal dirilisnya film. Dan tanda-tanda visual dianalisis dalam bentuk:
gambar, warna, posisi, dan latar belakang dari poster tersebut. Tanda-tanda verbal dan
visual didalam jurnal ini menunjukan jenis film yang dianalisis, yaitu mengnenai film
horror dan situasi yang buruk yang terjadi di dalam cerita film tersebut beberapa tahun
yang lalu.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
JULIANTARI, Ni Luh Putu. SEMIOTIC ANALYSIS OF “THE CONJURING” MOVIE POSTER ADVERTISEMENT. Humanis, [S.l.], dec. 2014. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/10984>. Date accessed: 22 nov. 2024.
Section
Articles

Keywords

Semiotik, tanda, poster film