THE TYPES OF MAXIMS OF POLITENESS FOUND IN MOVIE THE GREAT GATSBY

  • I Gusti Ayu Mirah Handayani

Abstract

Tulisan ini berjudul “The Types of Maxims of Politeness Found In Movie The Great Gatsby” yang mana tulisan ini membahas penggunaan maxims of politeness oleh karakter-karakter di film. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk menemukan tipe-tipe dari maxims of politeness yang digunakan oleh karakter- karakter di film “The Great Gatsby” dan faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan politeness di film. Data dari tulisan ini adalah library research yang mana sumber data di ambil dari sebuah transkrip di internet. Metoda dari mengoleksi data adalah metoda dokumentasi. Metoda kualitatif digunakan untuk menganalisis tipe-tipe dari maxims of politeness yang ditemukan di film the great gatsby. Data dianalisis berdasarkan teori maxims of politeness oleh Leech (1983),dan teori faktor-faktor politeness dari Holmes (1992) dan Wardhaugh (1986).
Hasil dari analisis menunjukkan bahwa ada banyak ekspresi- ekspresi dari maxims of politeness yang ditemukan di film “The Great Gatsby”, yaitu tact maxim, generosity maxim, approbation maxim, agrement maxim, modesty maxim, symphaty maxim. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi maxims of politeness, yaitu kontek situasi, tingkat formalitas, umur, status sosial dan hubungan darah.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
MIRAH HANDAYANI, I Gusti Ayu. THE TYPES OF MAXIMS OF POLITENESS FOUND IN MOVIE THE GREAT GATSBY. Humanis, [S.l.], nov. 2014. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/10976>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

kesopanan, maxims of politeness, faktor-faktor kesopanan