ILLOCUTIONARY PERFORMATIVE UTTERANCE IN O’NEIL’S BEYOND THE HORIZON

  • Ni Nyoman Astrini Utami

Abstract

Judul studi ini adalah "Illocutionary Performative Utterance in O’neil’s Beyon the Horizon". Hal ini didasarkan pada pemahaman bahwa unit komunikasi linguistik adalah produksi simbol atau kata atau kalimat dalam kinerja bahasa , karena ketika pembicara berbicara sebuah bahasa , ia sedang melakukan tindak tutur yang mencakup semua tindakan dilakukan sesuai dengan aturan-aturan tertentu dalam komunikasi linguistik . Ada tiga poin yang dibahas dalam penelitian kualitatif ini meliputi jenis tindakan ilokusi yang ditemukan , klasifikasi ujaran performatif dan jenis ujaran tidak berterima dalam performatif ilokusi. Data penelitian ini dikumpulkan dari dialog-dialog drama yang berjudul Beyond the Horizon yang ditulis oleh dramawan Amerika Eugene O'Neill pada tahun 1920 .

Hasil analisis pertama menunjukkan bahwa ada empat dari lima jenis tindakan ilokusi yang ditemukan, yaitu representatives, directives, commisives dan expressive, sedangkan declarative tidak ditemukan dalam sumber data . Analisis kedua tentang ujaran performatif menunjukkan bahwa ada dua jenis tuturan performatif ditemukan, yaitu eksplisit dan implicit performatif. Analisis terakhir menunjukkan bahwa ada dua dari tiga jenis ujaran performatif yang tidak berterima, yaitu misexecutions dan abuse, sementara misinvocations tidak ditemukan dalam sumber data.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
ASTRINI UTAMI, Ni Nyoman. ILLOCUTIONARY PERFORMATIVE UTTERANCE IN O’NEIL’S BEYOND THE HORIZON. Humanis, [S.l.], oct. 2014. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/10902>. Date accessed: 30 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

tindakan ilokusi, ujaran performatif, ilokusi tidak berterima