Makanan Jepang, Identitas, Kuasa dalam Novel Sasamakura Karya Saiichi Maruya

  • Esther Risma Purba Universitas Brawijaya

Abstract

Diskursus identitas Yamato damashii ‘Japanese Spirit’ atau ‘Jiwa Jepang’ mengonstruksi pengetahuan mengenai “orang Jepang”, “budaya Jepang” dan “nasionalisme”. Penelitian ini berfokus pada tokoh utama, Hamada dan dilakukan dengan menggunakan paradigma kritis, yakni membongkar aspek kuasa yang mengkonstruksi identitas Jepang lewat makanan dengan menggunakan teori identitas Stuart Hall dan teori relasi kuasa Foucault. Melalui reintegrasi dan penciptaan kembali, makanan yang awalnya milik asing, dilepas dari identitas awalnya untuk menjadi masakan yang disebut masakan Jepang. Keberadaan pihak lain, yakni Barat melalui makanan menjadi pihak yang dianggap berbeda sehingga diposisikan berhadapan dengan Jepang. Apa yang disebut sebagai nihon ry?ri atau washoku menduduki posisi yang lebih istimewa karena muatan sejarah peradaban makanan yang diklaim memiliki sejarah yang panjang, asli, dan tidak bercampur dengan budaya lain yang dianggap liyan atau inferior. Oleh karena itu, orang Jepang yang dianggap memiliki identitas kejepangan, dianggap merepresentasikan Yamato damashii ‘Jiwa Jepang’ apabila memilih memakan nihon ry?ri dan makan dengan cara atau etiket yang telah ditetapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aoyama, T. (2008). Reading Food in Modern Japanese Literature. Hawai’i: University of Hawai’I Press.

Carr, M. (1994). Yamato-Damashii "Japanese Spirit" Definitions. International Journal of Lexicography, 7(4):279-306. doi:10.1093/ijl/7.4.279

Cwiertka. K. J. (2004). Western Food and the making of the Japanese nation-state. The Politics of Food, ed. Marianne Lien and Brigitte Nerlich, 121-149. Oxford: Berg.

Cwiertka, K. J. & Ewa Machotka (eds). (2018). Consuming Life in PostBubble Japan: A Transdisciplinary Perspective. Amsterdam: Amsterdam University Press. Diakses dari doi: 10.5117/9789462980631/ch04

Farina, F. (2021). The politics of washoku: Japan’s gastronationalism and gastrodiplomacy. Food issues 食事. Interdisciplinary Studies on Food in Modern and Contemporary East Asia, pp. 93-107. Firenze University Press. DOI 10.36253/978-88-5518-506-6.09

Foucault, M. (1984). On the Genealogy of Ethics: An Overview of Work in Progress. In The Foucault Reader: An Introduction to Foucault’s Thought, Paul Rabinow (ed.). London: Penguin.

Hall, S. (1991). The Local and the Global: Globalization and Ethnicity. A. D. King (ed.). Culture Globalization and the World-System: Contemporary Conditions for the Representation of Identity. London: Macmillan, 19-40.

Hall, S. (1996). Questions of Cultural Identity. Sage Publications.

Hardiman, F. B. (2016). Membongkar Rezim Kepastian. Yogyakarta: PT Kanisius.

Hirano, K. (1997). Sasamakura. Gunzō Nihon no Sakka 25 Maruya Saiichi. Tokyo: Shōgakukan.

Hobsbawm, E. J., & Ranger, T.O. (1983). The Invention of Tradition. Cambridge: Cambridge University Press.

Keene, D. (2002). Grass for My Pillow. Ney York: Columbia University Press.

Kirin Biiru KK ed. (1984). Biiru to Nihonjin [Beer and the Japanese]. Tokyo: Sanseidō.

Koda, Y. (2005). The Russo-Japanese War—Primary Causes of Japanese Success. Naval War College Review: Vol. 58: No. 2, Article 3.

Available at: https://digital-commons.usnwc.edu/nwc-review/vol58/iss2/3.

Lubis, A. Y. (2012). Teori dan Metodologi Ilmu Pengetahuan Sosial-Budaya Kontemporer. Depok: Departemen Filsafat FIB UI.
Ministry of Agriculture, Forestry, and Fisheries (MAFF). (2020). Your Guide to Japanese Cuisine, Sake, and Food Culture. https://www.maff.go.jp/e/data/publish/attach/pdf/index-25.pdf

Maghfira, C., & Purba, E. (2023). Wacana Gender dan Relasi Kuasa dalam Cerpen Kuzuha No Issei Karya Matsuda Aoko. Humanis, 27(2), 110-123. doi:10.24843/JH.2023.v27.i02.p01

Maruya, S. (2014). Sasamakura [Grass for My Pillow]. Cetakan ke-19. Tokyo: Shinchosha.

Mintz, S.W. (2007). Asia’s contributions to World Cuisine: A Beginning inquiry. Di dalam Food and Foodways in Asia: Resouces, tradition, and cooking, ed. Sidney C.H. Cheung and Tan Chee-Beng. London and New York: Routledge, 201-210.

Ohnuki-Tierney, E. (1993). Rice as Self: Japanese Identities through Time. Princeton: Princeton University Press

Purba, E.R. (2016). Tiada tempat bagi kebebasan individu dalam novel Sasamakura karya Saiichi Maruya. Prosiding Seminar Sosiologi Sastra, UI Depok: 10-11 Oktober 2016. http://susastrafib.wphost2.ui.ac.id/wp-content/uploads/81/2017/01/16

Ramadhani, A.F. & Purba, E.R. (2021). War in Ippeisotsu by Katai Tayama. 107-119. VOl 6 No 2. JAPANEDU: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Jepang. https://doi.org/10.17509/japanedu.v6i2.39022

Saaler, S. (2016). Nationalism and history in contemporary Japan. The Asia-Pasific Journal, 14(7). Diakses dari https://apjjf.org/2016/20/Saaler.html

UNESCO. 2013. “Nomination file no. 00869, For inscription in 2013 on the Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity”. Washoku, traditional dietary cultures of the Japanese, notably for the celebration of New Year - intangible heritage - Culture Sector - UNESCO.

Wake, Shinya. (2023). Japan sinks to low of 125th in global gender gap ranking. The Asahi Shinbun, 21 Juni 2023. https://www.asahi.com/ajw/articles/14937882

Woodward, K. (1997). Identity and Difference. SAGE Publications.

Zahrah, S., & Purba, E. (2022). Cinderella Weight: Tirani Standar Kecantikan dan Body Image di Kalangan Wanita Muda Jepang. Humanis, 26(4), 400-412. doi:10.24843/JH.2022.v26.i04.p09
Published
2023-08-30
How to Cite
PURBA, Esther Risma. Makanan Jepang, Identitas, Kuasa dalam Novel Sasamakura Karya Saiichi Maruya. Humanis, [S.l.], v. 27, n. 3, p. 285-300, aug. 2023. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/104682>. Date accessed: 20 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JH.2023.v27.i03.p05.
Section
Articles