Pengaruh kepuasan kerja dan persepsi pada iklim organisasi terhadap perilaku kewargaan organisasi karyawan PT. Garuda Indonesia, (Persero), Tbk. Cabang Denpasar
Abstract
Karyawan adalah salah satu kunci sukses perusahaan di tengah persaingan dalam era globalisasi sehingga penting bagi pemilik usaha memiliki karyawan dengan kinerja yang baik. Salah satunya dengan menunjukkan perilaku kewargaan organisasi di tempat kerja. Perilaku Kewargaan Organisasi adalah suatu bentuk perilaku yang merupakan pilihan dan inisiatif individual yang tidak berkaitan dengan sistem reward formal organisasi tetapi dapat meningkatkan efektivitas organisasi. Perilaku kewargaan organisasi dipengaruhi oleh kepuasan kerja. Karyawan yang puas cenderung akan memberikan pelayanan dan kinerja yang optimal, salah satunya adalah PKO. Selain kepuasan kerja, persepsi pada iklim organisasi juga berperan dalam memunculkan PKO. Jika karyawan mempersepsikan iklim organisasi secara positif maka hal tersebut dapat menumbuhkan semangat kerja sekaligus mendorong karyawan menampilkan PKO. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh kepuasan kerja dan persepsi pada iklim organisasi terhadap perilaku kewargaan organisasi karyawan PT. Garuda Indonesia (Persero), Tbk cabang Denpasar. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah sampling jenuh dengan menggunakan seluruh pegawai tetap berjumlah 71 orang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket, sedangkan analisis data dilakukan dengan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini ialah : 1) Kepuasan kerja dan persepsi pada iklim organisasi memiliki kontribusi terhadap kemunculan PKO dengan persentase sebesar 50,5% dengan taraf signifikansi 0,000 (p<0,05). 2) Kepuasan kerja tidak berkontribusi secara signifikan terhadap PKO dengan nilai signifikansi sebesar 0,166 (p>0,05), 3) Terdapat kontribusi yang signifikan antara persepsi pada iklim organisasi terhadap PKO dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05).
Kata kunci: Kepuasan kerja, perilaku kewargaan organisasi, persepsi pada iklim organisasi.
Downloads
References
Arikunto, S. (2006). Metodologi penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.
Azwar, S. (2013). Metode penelitian (Edisi ke-1). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Gadot, E.V. (2007). Group-level Organizational citizenship behavior in the education system: A scale reconstruction and validation. Educational administration quarterly, 43(4), 462-493. doi: 10.1177/0013161X07299435.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gibson, J. L., Ivancevich, J.M., & Donnelly, J. H. (1993). Organisasi: Perilaku, struktur, proses (Edisi ke- 5, Jilid 1), Jakarta: Erlangga.
Gronross. (2000). Service management and marketing. West Sussex: John Wiley and Sons LTD.
Gunawan, J.S., Solang, P.D., & Kartika, E.W. (2013). Organizational citizenship behavior yang berpengaruh pada kinerja karyawan dan kepuasan konsumen di Hotel Sheraton Surabaya. Junal Hospitality dan Manajemen Jasa, 1(2), 120-133.
Kusumajanti, D.A. (2014). Organizational citizenship behavior (OCB) karyawan pada perusahaan. Humaniora, 5(1), 62-70. Diunduh dari http://research- dashboard.binus.ac.id/uploads/paper/document/p ublication/Proceeding/Humaniora/V ol.%205%20 No.%201%20April%202014/7_CB_Dian%20An ggraini%20Kusumajati_OK.pdf
Organ, D.W. (1988). Organizational citizenship behavior: The good soldier syndrome. Lexington, MA: Lexington Books.
Organ, D.W. (1997). Organizational citizenship behavior: It’s construct clean-up time. Human Performance, 2(10), 85-97. Diunduh dari https://www.researchgate.net/profile/Dennis_Org an/publication/247083204_Organizational_Citize nship_Behavior_It%27s_Construct_Clean- Up_Time/links/540a203d0cf2d8daaabfa0ae/Orga nizational-Citizenship-Behavior-Its-Construct- Clean-Up-Time.pdf?origin=publication_detail
Organ, D.W., Podsakoff, P.M., & MacKenzie, S.B. (2006).
Organizational citizenship behavior :Its nature,
K. M. TRISNAYANI & NAOMI VEMBRIATI
239
PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN PERSEPSI PADA IKLIM ORGANISASI TERHADAP PERILAKU KEWARGAAN ORGANISASI
antecendents, and consequence. California: Sage
Publications, Inc.
Prihatsanti, U., & Dewi. K.S. (2010). Hubungan antara iklim
organisasi dan organizational citizenship behavior pada Guru SD Negeri di Kecamatan Mojolaban Sukoharjo. Jurnal Psikologi Undip, 7(1), 11-17. Diunduh dari http://psikologi.undip.ac.id/unika- prihatsanti-s-psima/
Robbins, S. P., & Judge, T.A. (2008). Perilaku organisasi (Buku 2). Jakarta: Salemba Empat.
Saptoani, A. (2011). Organizational citizenship behavior tenaga pendidik. Malang : Bayu Media. Soegandhi, V.M., Sutanto, E.M., & Setiawan, R. (2013).
Pengaruh loyalitas kerja dan kepuasan kerja.
Agora, 1(1), 1–45.
Ttitisari, P. (2014). Peranan organizationa citizenship
behavior (OCB) dalam meningkatkan kinerja
karyawan. Jakarta: Mitra Wacana Media. Triyanto, A. (2009). Organizational citizenship behavior (OCB) dan pengaruhnya terhadap keinginan keluar dan kepuasan kerja Karyawan. Jurnal
Manajemen, 7(4), 1-13.
Trisnayani, K.M. (2017). Peranan kepuasan kerja dan
persepsi iklim organisasi karyawan PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk cabang Denpasar terhadap perilaku kewargaan organisasi (Naskah tidak dipublikasi). Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar.
Udayana, P., & Suwandana, M. (2017). Pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasional terhadap organizational citizenship behavior. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(7), 3570-3594.
Veera, Aninditha. (2015). Hubungan antara Iklim Organisasi dengan Perilaku Kewargaan Organisasi pada Karyawan di Perusahaan Ritel. Jurnal Psikologi Udayana, 2(1), 25-37.
Waspodo, A., & Minandaniati, L. (2012). Pengaruh kepuasan kerja dan iklim organisasi terhadap organitational citizenship behavior (OCB) karyawan PT. Tribus Swadaya. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI). 3(1), 1-16.
Wulandari, P. (2015). Pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior pada perawat rumah sakit islam Yogyakarta. (Skripsi tidak dipublikasikan), Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Yuniar, Y., Nurtjahjanti, H., & Rusmawati, D. (2011). Hubungan antara kepuasan kerja dan esiliensi dengan organizational citizenship behavior (OCB) pada karyawan kantor pusat PT. BPD
Bali. Jurnal Psikologi Undip, 9(1), 11-20.
Zhang, D. (2011). Organisational citizenship behavior. Diunduh dari https://cdn.auckland.ac.nz/assets/psych/about/ourpe
ople/documents/Deww%20Zhang%20%20Organisa tional%20Citizenship%20Behaviour%20%20White %20Paper.pdf)
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).