Peran Teknik Disiplin Induksi dan Kecerdasan Adversitas terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Arsitektur Universitas Udayana yang Mengikuti Organisasi

  • Ni Made Diah Saraswati Universitas Udayana
  • Putu Nugrahaeni Widiasavitri Universitas Udayana

Abstract

 


Mahasiswa Arsitektur yang mengikuti organisasi mengalami kesulitan dalam menyeimbangkan antara kegiatan akademik dan non akademik, sehingga hal tersebut mungkin berpengaruh terhadap prestasi akademik. Mahasiswa harus memiliki kecerdasan adversitas yang baik agar mampu menghadapi kesulitan tersebut. Selain kecerdasan adversitas, faktor lain yang memengaruhi keberhasilan prestasi akademik adalah teknik disiplin orangtua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran teknik disiplin induksi dan kecerdasan adversitas terhadap prestasi akademik mahasiswa Arsitektur Universitas Udayana yang mengikuti organisasi. Penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Arsitektur Universitas Udayana, dengan jumlah sampel sebanyak 128 orang. Penelitian ini menggunakan skala dan arsip nilai sebagai metode pengumpulan data. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji regresi berganda. Hasil regresi berganda menunjukkan koefisien regresi sebesar 0,155 dan koefisien determinasi sebesar 0,024, dengan nilai signifikansi sebesar 0,218 (p> 0,05) artinya teknik disiplin induksi dan kecerdasan adversitas tidak berperan terhadap prestasi akademik mahasiswa Arsitektur Universitas Udayana yang mengikuti organisasi. Teknik disiplin induksi memiliki signifikansi sebesar 0,144 (p>0,05) artinya teknik disiplin induksi tidak berperan terhadap prestasi akademik. Kecerdasan adversitas memiliki signifikansi sebesar 0,828 (p>0,05) artinya kecerdasan adversitas tidak berperan terhadap prestasi akademik.


Kata kunci: Kecerdasan adversitas, mahasiswa Arsitektur Universitas Udayana, prestasi akademik, teknik disiplin induksi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chau, H. Y. (2010). Parenting style and school performance in chinese adolescents. (Tesis California State University, Sacramento). Diakses 5 Januari 2018 dari http://csus-dspace.calstate.edu/bitstream/handle/10211.9/845/Hiu_Thesis_Final_with_everything_Test.pdf?sequence=2
Desforges, C. & Abouchar, A. (2003). The impact of parental involvement, parental support and family education on pupil achievement and adjustment: A literature review. Nottingham: Departemen for Education and Skills. Diakses 15 Desember 2017 dari https://www.nationalnumeracy.org.uk/sites/default/files/the_impact_of_parental_involvement.pdf
Falakh, M. S. (2016). Pengaruh kedisiplinan dan motivasi belajar terhadap tingkat prestasi belajar mahasiswa jurusan pendidikan ilmu pengetahuan sosial Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (Skripsi, Universitas Islam Negeri Malang, Malang). Diakses 16 Februari 2018 dari http://etheses.uin-malang.ac.id/4892/1/10130049.pdf
Fauziah, N. (2014). Empati, persahabatan, dan kecerdasan adversitas pada mahasiswa yang sedang skripsi. Jurnal Psikologi Undip, 13(1), 78-92. Diakses dari https://ejournal.undip.ac.id/index.php/psikologi/article/view/8068
Hassan, N. C. & Sen, H. M. (2015). Relationship between parenting styles and academic performance among undergraduates at University Putra Malaysia. Proceeding of ADCED15 International Conference on Advances in Education and Social Sciences, 549-557. Diakses 16 Desember 2017 dari http://www.ocerint.org/adved15_epublication/papers/252.pdf
Hurlock, E. B. (1980). Psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Leung, K., Lau, S., & Lam, W. (1998). Parenting style and academic achievement: A cross-cultural study. Merril-Palmer Quarterly, 44 (2), 157-172. Diakses 23 Januari 2018 dari https://www.researchgate.net/publication/282418196_Parenting_styles_and_academic_achievement_A_cross-cultural_study
Papalia, D. E., Old, S. W., & Feldman, R. D. (2008). Human development (psikologi perkembangan) edisi kesembilan bagian V s/d IX. Jakarta: Kencana.
Puspitasari, A. J. (2014). Hubungan antara adversity quotient (aq) dengan prestasi belajar mahasiswa S1 keperawatan fakultas keperawatan Universitas Sumatera Utara tahun 2014 (Skripsi, Universitas Sumatera Utara, Medan). Diakses 20 November 2017 dari http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/43811
Riadi, E. (2016). Statistika penelitian (analisis manual dan IBM SPSS). ANDI: Yogyakarta.
Rivaldi, S. (2013). Pengaruh organisasi kemahasiswaan terhadap prestasi belajar mahasiswa prodi pendidikan ekonomi FKIP Untan Pontianak (Skripsi, Universitas Tanjungpura, Pontianak). Diakses 13 Februari 2017 dari https://www.jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5093
Santrock, J. W. (2007b). Remaja edisi 11 jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Saputro, S. T., & Pardiman. (2012). Pengaruh disiplin belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan akuntansi angkatan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1), 78-97. Diakses 12 April 2017 dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/923
Saragih, J. H., & Valentina, T. D. (2015). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi akademik pada mahasiswa aktivis organisasi kemahasiswaan di lingkungan Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 2(2), 246-255. Diakses 3 Maret 2017 dari https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/25204
Saraswati, D. (2017). Studi pendahuluan prestasi akademik mahasiswa arsitektur Universitas Udayana. Artikel tidak dipublikasikan. Universitas Udayana: Denpasar.
Silda, D. (2016, 18 Januari). Mengikuti berorganisasi, jangan jadi mahasiswa “kupu-kupu”. UnairNews. Diakses dari https://news.unair.ac.id/2016/01/18/mengikuti-berorganisasi-jangan-jadi-mahasiswa-kupu-kupu/
Solihin & Indrawati. (2017). Pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi siswa SMAN 1 Benai Kabupaten Kuantang Singinggi (studi kasus kelas IX). 4 (1), 1-15. Diakses 16 Februari 2018 pada https://media.neliti.com/media/publications/115755-ID-pengaruh-kedisiplinan-terhadap-prestasi.pdf
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kombinasi (mixed method). Bandung: Alfabeta.
Stoltz, P. G. (2004). Adversity quotient mengubah hambatan menjadi peluang. Jakarta: Grasindo.
Tu’u, T. (2004). Peran disiplin pada perilaku dan prestasi siswa. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Triana, E. (2011). Pengaruh kemengikutian berorganisasi dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa jurusan pendidikan geografi angkatan 2008 dan 2009 Universitas Negeri Yogyakarta (Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta). Diakses 20 Februari 2017 dari http://library.fis.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=846
Virlia, S. (2015). Hubungan adversity quotient dan prestasi belajar pada mahasiswa program studi psikologi Universitas BM. Psibernetika, 8(1), 62-75. Diakses 26 November 2017 dari https://journal.ubm.ac.id/index.php/psibernetika/article/view/488
Published
2019-02-27
How to Cite
SARASWATI, Ni Made Diah; WIDIASAVITRI, Putu Nugrahaeni. Peran Teknik Disiplin Induksi dan Kecerdasan Adversitas terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Arsitektur Universitas Udayana yang Mengikuti Organisasi. Jurnal Psikologi Udayana, [S.l.], p. 130-139, feb. 2019. ISSN 2654-4024. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/47155>. Date accessed: 16 nov. 2024.
Section
Articles