PERAN PENGALAMAN SEBAGAI PEMODERASI PADA PENGARUH PENGETAHUAN DAN SIKAP WISATAWAN MANCANEGARA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK WELLNESS TOURISM DI KAWASAN WISATA UBUD, KABUPATEN GIANYAR
Abstract
Pariwisata wellness utamanya Spa di kawasan wisata Ubud tumbuh pesat mencapai 54,17 % (dalam 3 tahun terakhir) dengan jumlah sebanyak 96 Spa dengan kategori Day Spa dan Hotel and Resort Spa. Industri Spa di Ubud sebagai industri pariwisata yang akan diunggulkan kedepannya penting dalam selalu memenuhi permintaan wisatawan dengan output terciptanya keputusan pembelian secara berkelanjutan. Pengambilan keputusan sangat erat kaitanya dengan keterlibatan psikologis, favoritism dan sense of goodwill yang awalnya muncul dari internal diri wisatawan, oleh karenanya penting dilakukan penelitian dengan pendekatan pada pengetahuan, sikap dan sekaligus mengukur peran pengalaman dalam memperkuat pengaruh pengetahuan dan sikap terhadap keputusan pembelian produk wisata Spa di Ubud. Sampel dalam penelitian ini ditentukan secara purposive yaitu wisatawan mancanegara yang membeli produk layanan Spa di kawasan wisata Ubud sebanyak 250 wisatawan. Sedangkan analisis data yang dilakukan meliputi analisis deskriptif, analisis pengujian instrumen data dan Moderated Regression Analysis (MRA) dengan menggunakan pendekatan interaksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) pengalaman secara signifikan berperan sebagai pemoderasi yang memperkuat pengaruh antara pengetahuan terhadap keputusan pembelian dan (2) pengalaman juga secara signifikan sebagai pemoderasi yang memperkuat pengaruh sikap terhadap keputusan pembelian produk wisata Spa di kawasan wisata Ubud.