PERAN PENGALAMAN SEBAGAI PEMODERASI PADA PENGARUH PENGETAHUAN DAN SIKAP WISATAWAN MANCANEGARA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK WELLNESS TOURISM DI KAWASAN WISATA UBUD, KABUPATEN GIANYAR

  • Dewa Putu Kiskenda Erwanda P. PS. S1 Industri Perjalanan Wisata Fakultas Pariwisata UNUD
  • I Wayan Suardana PS. S1 Industri Perjalanan Wisata Fakultas Pariwisata UNUD
  • Luh Gede Leli Kusuma Dewi PS. S1 Industri Perjalanan Wisata Fakultas Pariwisata UNUD

Abstract

Pariwisata wellness utamanya Spa di kawasan wisata Ubud tumbuh pesat mencapai 54,17 % (dalam 3 tahun terakhir) dengan jumlah sebanyak 96 Spa dengan kategori Day Spa dan Hotel and Resort Spa. Industri Spa di Ubud sebagai industri pariwisata yang akan diunggulkan kedepannya penting dalam selalu memenuhi permintaan wisatawan dengan output terciptanya keputusan pembelian secara berkelanjutan. Pengambilan keputusan sangat erat kaitanya dengan keterlibatan psikologis, favoritism dan sense of goodwill yang awalnya muncul dari internal diri wisatawan, oleh karenanya penting dilakukan penelitian dengan pendekatan pada pengetahuan, sikap dan sekaligus mengukur peran pengalaman dalam memperkuat pengaruh pengetahuan dan sikap terhadap keputusan pembelian produk wisata Spa di Ubud. Sampel dalam penelitian ini ditentukan secara purposive yaitu wisatawan mancanegara yang membeli produk layanan Spa di kawasan wisata Ubud sebanyak 250 wisatawan. Sedangkan analisis data yang dilakukan meliputi analisis deskriptif, analisis pengujian instrumen data dan Moderated Regression Analysis (MRA) dengan menggunakan pendekatan interaksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) pengalaman secara signifikan berperan sebagai pemoderasi yang memperkuat pengaruh antara pengetahuan terhadap keputusan pembelian dan (2) pengalaman juga secara signifikan sebagai pemoderasi yang memperkuat pengaruh sikap terhadap keputusan pembelian produk wisata Spa di kawasan wisata Ubud.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-12-01
How to Cite
KISKENDA ERWANDA P., Dewa Putu; SUARDANA, I Wayan; LELI KUSUMA DEWI, Luh Gede. PERAN PENGALAMAN SEBAGAI PEMODERASI PADA PENGARUH PENGETAHUAN DAN SIKAP WISATAWAN MANCANEGARA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK WELLNESS TOURISM DI KAWASAN WISATA UBUD, KABUPATEN GIANYAR. Jurnal IPTA (Industri Perjalanan Wisata), [S.l.], v. 3, n. 2, p. 62-67, dec. 2015. ISSN 2548-7930. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/pariwisata/article/view/22838>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/IPTA.2015.v03.i02.p11.

Keywords

Keputusan Pembelian, Pengalaman, Pengetahuan, Sikap

Most read articles by the same author(s)