PENGARUH FAKTOR KUALITAS PELAYANAN BIRO PERJALANAN WISATA TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN PADA PAKET WISATA BULAN MADU KE BALI

  • Dwi Widya Mandasari PS. S1 Industri Perjalanan Wisata Fakultas Pariwisata UNUD
  • I Ketut Suwena PS. S1 Industri Perjalanan Wisata Fakultas Pariwisata UNUD
  • I Wayan Suardana PS. S1 Industri Perjalanan Wisata Fakultas Pariwisata UNUD

Abstract

okus dari penelitian ini adalah pengaruh faktor kualitas pelayanan biro perjalanan wisata terhadap kepuasan wisatawan pada paket wisata bulan madu ke Bali. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) faktor yang menjadi penentu dari kualitas pelayanan pada paket wisata bulan madu ke Bali, (2) faktor yang dominan dalam kualitas pelayanan pada paket wisata bulan madu ke Bali, dan (3) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan wisatawan pada paket wisata bulan madu ke Bali. Lokasi penelitian dilakukan di tempat wisata Ubud, Pantai Jimbaran, Kintamani, dan Bedugul. Dari tempat tersebut, dijumpai biro perjalanan wisata yang sedang menyelenggarakan paket wisata bulan madu ke Bali, antara lain Hana Tour and Travel, Bali Suci Tour and Travel, Korean Travel, My Bali Tour serta Triangle Tour and Travel. Teknik penentuan sampel menggunakan Slovin dengan mengambil 100 wisatawan yang sedang menggunakan paket wisata bulan madu ke Bali, dan teknik yang digunakan Judgment Sampling.Wisatawan yang menggunakan paket wisata bulan madu 55% berasal dari Indonesia dan 45% berasal dari mancanegara.. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kuantitatif digunakan pada analisis faktor dan regresi sederhana. Hasil analisis faktor menunjukkan bahwa lima (5) variabel kualitas pelayanan TERRA dari Parasuraman (1985) antara lain Tangible/bukti langsung, Empathy/empati, Reliability/keandalan, Responsive/daya tanggap, Assurance/jaminan, merupakan faktor dari kualitas pelayanan pada paket wisata bulan madu ke Bali. Nilai eigen value dari faktor Tangible/bukti langsung = 2.694, Empathy/empati dengan eigen value = 2.254, Reliability/keandalan dengan eigen value = 1.991, Responsive/daya tanggap dengan eigen value =3.107, dan Assurance/jaminan dengan eigen value = 4.176. Faktor yang dominan dalam kualitas pelayanan pada paket wisata bulan madu ke Bali adalah faktor jaminan/assurance. Hasil dari uji regresi sederhana di dapat nilai R square sebesar 0,64. Ini berarti pengaruh variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan wisatawan sebesar 64%. Sedangkan sisanya sebesar 36% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam model penelitian. Diharapkan bagi biro perjalanan wisata yang menjual paket wisata bulan madu ke Bali dapat lebih memperhatikan faktor jaminan/assurance. Karena faktor jaminan merupakan faktor penentu dari kepuasan wisatawan yang menggunakan paket wisata bulan madu ke Bali.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-07-01
How to Cite
WIDYA MANDASARI, Dwi; SUWENA, I Ketut; SUARDANA, I Wayan. PENGARUH FAKTOR KUALITAS PELAYANAN BIRO PERJALANAN WISATA TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN PADA PAKET WISATA BULAN MADU KE BALI. Jurnal IPTA (Industri Perjalanan Wisata), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 96-100, july 2016. ISSN 2548-7930. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/pariwisata/article/view/22852>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/IPTA.2016.v04.i01.p17.

Keywords

Paket Wisata Bulan Madu, Faktor Kualitas Pelayanan, Kepuasan Wisatawan

Most read articles by the same author(s)