PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PRAMUWISATA LOKAL TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS WISATAWAN DI DAYA TARIK WISATA ALAS KEDATON TABANAN

  • I Kadek Trita Yudi PS. S1 Industri Perjalanan Wisata Fakultas Pariwisata UNUD
  • Ni Made Oka Karini PS. S1 Industri Perjalanan Wisata Fakultas Pariwisata UNUD
  • Luh Gede Leli Kusuma Dewi PS. S1 Industri Perjalanan Wisata Fakultas Pariwisata UNUD

Abstract

Pelayanan prauwisata lokal di daya tarik wisata Alas Kedaton secara tidak langsung berpengaruh terhadap kepuasan dan loyalitas wisatawan. Oleh sebab itu perlu dikaji mengenai pengaruh kualitas pelayanan pramuwisata lokal terhadap kepuasan dan loyalitas wisatawan di daya tarik wisata Alas Kedaton. Adapun variabel kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti langsung, empati, daya tanggap, keandalan dan jaminan berpengaruh terhadap kepuasan dan loyalitas wisatawan di Daya Tarik Wisata Alas Kedaton. Responden adalah wisatawan yang berkunjung ke Alas Kedaton berjumlah 100 responden dengan teknik accidental sampling.Pengumpulan data dalam penulisan ini menggunakan teknik observasi, wawancara terstruktur, kuesioner dan studi kepustakaan kemudian di analisis dengan analisis skala likert, uji validitas dan realibilitas, analisis regresi linier berganda, analisis korelasi, dan analisis determinasi.  Berdasarkan analisis data statistik, indikator dalam penelitian ini telah valid dan variabelnya bersifat reliabel. Berdasarkan hasil penelitian, 5 Variabel independen telah memenuhi syarat penerimaan hipotesis, yaitu t-hitung dan F-hitung lebih besar dari t-tabel dan F-tabel. Ini berarti terdapat pengaruh yang kuat antara kualitas pelayanan pramuwisata lokal terhadap kepuasan dan loyalitas wisatawan pada Daya Tarik Wisata Alas Kedaton.  Kualitas pelayanan pramuwisata lokal berpengaruh sebesar 76,3 % terhadap kepuasan wisatawan, dan 70,5% terhadap loyalitas wisatawan. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti lebih lanjut pada penelitian ini. Berdasarkan analisis tersebut, dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan pramuwisata lokal terhadap kepuasan dan loyalitas wisatawan di daya tarik wisata Alas Kedaton. Di sarankan kepada pengelola, perlu diadakan pelatihan khusus terhadap pramuwisata lokal untuk menunjang kualitas SDM pada daya tarik wisata Alas Kedaton.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-12-01
How to Cite
TRITA YUDI, I Kadek; OKA KARINI, Ni Made; LELI KUSUMA DEWI, Luh Gede. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PRAMUWISATA LOKAL TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS WISATAWAN DI DAYA TARIK WISATA ALAS KEDATON TABANAN. Jurnal IPTA (Industri Perjalanan Wisata), [S.l.], v. 3, n. 2, p. 26-31, dec. 2015. ISSN 2548-7930. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/pariwisata/article/view/22831>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/IPTA.2015.v03.i02.p05.

Keywords

Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Loyalitas, Pramuwisata Lokal

Most read articles by the same author(s)