ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG WISATAWAN MELAKUKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET PESAWAT MELALUI MOBILE BOOKING PADA SITUS TRAVELOKA.COM

  • Erni Muliana PS. S1 Industri Perjalanan Wisata Fakultas Pariwisata UNUD
  • I Made Kusuma Negara PS. S1 Industri Perjalanan Wisata Fakultas Pariwisata UNUD
  • Luh Gede Leli Kusuma Dewi PS. S1 Industri Perjalanan Wisata Fakultas Pariwisata UNUD

Abstract

Pembelian kebutuhan perjalanan wisata secara online merupakan bagian dari transaksi business to-customer (B2C). Produk yang ditawarkan biasanya terdiri dari: pemesanan paket wisata, penjualan tiket pesawat dan kereta api, kamar hotel dan penyewaan transportasi. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong wisatawan melakukan keputusan pembelian tiket pesawat melalui mobile booking pada situs Traveloka.com serta faktor yang paling banyak berkontribusi dalam menentukan keputusan pembelian tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner online dan kuesioner yang disebarkan secara langsung (offline) kepada 250 responden, penentuan responden ditetapaka menggunakn metode purposive sampling, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis faktor. Hasil analisis faktor yang didapatakan menjelaskan 67,066% dari keseluruhan total variance, dan hasil analisis data menunjukkan empat faktor terbentuk yang mendorong wisatawan melakukan keputusan pembelian tiket pesawat melalui mobile booking pada situs Traveloka.com, yaitu: kemudahan dan sistem informasi website (24,396 %), pelayanan konsumen/customer service (15,211%), citra perusahaan (14,681 %), dan motivasi pembelian (12,779%), adapun faktor yang paling berkontribusi dalam mendorong wisatawan melakukan keputusan pembelian tiket pesawat melalui mobile booking pada situs Traveloka.com adalah faktor terbentuk yang memiliki faktor laoding tertinggi dari keseluruhan faktor yang terbentuk, yaitu faktor “Kemudahan dan Sistem Informasi Website”, faktor ini terdiri dari 13 variabel yakni: (1) Kemudahan pencarian situs web, (2) kecepatan waktu mengakses (load time), (3) nama domain perusahaan, (4) kemudahan pemesanan, (5) Informasi yang lengkap, (6) Informasi yang akurat, (7) Informasi yang menarik, (8) Pemaparan informasi yang tepat, (9) Ketersediaan dan aksesibilitas, (10) Harga yang kompetitif, (11) Pengalaman secara keseluruhan, (12) Keamanan data pribadi, dan (13) Keamanan sistem pembayaran.

Published
2016-07-01
How to Cite
MULIANA, Erni; KUSUMA NEGARA, I Made; LELI KUSUMA DEWI, Luh Gede. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG WISATAWAN MELAKUKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET PESAWAT MELALUI MOBILE BOOKING PADA SITUS TRAVELOKA.COM. Jurnal IPTA, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 79-85, july 2016. ISSN 2548-7930. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/pariwisata/article/view/22530>. Date accessed: 24 may 2019. doi: https://doi.org/10.24843/IPTA.2016.v04.i01.p14.

Keywords

Keputusan Pembelian, Online Travel Agent