PENGARUH IMBANGAN KONSENTRAT DENGAN JERAMI UREA KAPUR MOLASIS DALAM RANSUM KAMBING TERHADAP KECERNAAN, METABOLIT RUMEN, DAN KIMIA DARAH

  • CAKRA I G. L. O. Fakultas Peternakan Universitas Udayana
  • A. A. A. S. TRISNADEWI Fakultas Peternakan Universitas Udayana
  • I W. WIRAWAN Fakultas Peternakan Universitas Udayana

Abstract




Penelitian untuk mengetahui pengaruh imbangan konsentrat dengan jerami urea kapur dan molasis (JUKM) dalam ransum terhadap kecernaan, kadar metabolit rumen dan kimia darah, telah dilakukan pada kambing peranakan etawah dengan menggunakan rancangan bujur sangkar latin 4 × 4. Perlakuan yang diberikan adalah perlakuan A (JUKM 60% dan konsentrat 40%) perlakuan B (JUKM 50% dan konsentrat 50%), perlakuan C (JUKM 40% dan konsentrat 60%), perlakuan D (JUKM 30% dan konsentrat 70%). Peubah yang diamati adalah konsumsi bahan kering jerami dan konsentrat, koefesien cerna, kadar kimia darah, kadar metabolit dan populasi protozoa rumen. Hasil penelitian ini mendapatkan, penggunaan konsentrat 40-70% dalam ransum JUKM menunjukkan hasil yang berbeda tidak nyata terhadap konsumsi bahan kering, kadar glukosa dan N urea plasma darah. Terjadi peningkatan kecernaan nutrien, kadar trigliserida, total protein dan kolesterol darah seiring dengan meningkatnya tingkat penggunaan konsentrat. Dari hsil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan JUKM sebagai pakan serat dalam ransum ternak kambing sampai pada tingkat penggunaan 60% dari keperluan bahan kering, tidak berpengaruh terhadap konsumsi bahan kering, kadar glukosa dan N urea plasma darah.




Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-19
How to Cite
I G. L. O., CAKRA; TRISNADEWI, A. A. A. S.; WIRAWAN, I W.. PENGARUH IMBANGAN KONSENTRAT DENGAN JERAMI UREA KAPUR MOLASIS DALAM RANSUM KAMBING TERHADAP KECERNAAN, METABOLIT RUMEN, DAN KIMIA DARAH. Majalah Ilmiah Peternakan, [S.l.], v. 23, n. 3, p. 139-143, dec. 2020. ISSN 2656-8373. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mip/article/view/67962>. Date accessed: 18 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MIP.2020.v23.i03.p08.

Most read articles by the same author(s)