PENGARUH LATIHAN MAT PILATES UNTUK MENURUNKAN PERSENTASE LEMAK DAN MENINGKATKAN MASSA OTOT PADA WANITA DEWASA DENGAN OBESITAS

  • L. Ade Sintia Devi Program Studi Fisioterapi dan Profesi Fisioterapi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana
  • I Made Niko Winaya Departemen Fisioterapi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali
  • Agung Wiwiek Indrayani Departemen Farmakologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali
  • I Putu Gede Adiatmika Departemen Ilmu Faal, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali

Abstract

Pendahuluan: Obesitas merupakan kondisi kelebihan berat badan dan lemak tubuh. Obesitas (IMT ?25) terjadi pada 13,5% orang dewasa yang berusia di atas 18 tahun di Indonesia. Latihan low-impact aerobic seperti mat pilatesdapat dilakukan tanpa alat dan bersifat aman bagi penderita obesitas. Pelaksanaan latihan mat pilates tidak memiliki gerakan melompat maupun berlari yang dapat meningkatkan terjadinya trauma persendian pada seseorng yang obesitas. Latihan mat pilates bermanfaat untuk menurunkan berat badan, memperbaiki postur dan memperbaiki kondisi kardiovaskular, dan meningkatkan fleksibilitas otot. Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan mat pilates terhadap penurunanan persentase lemak tubuh, serta peningkatan massa otot pada wanita dewasa awal (18-40 tahun) dengan obesitas.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental one group pre-post test. BIA Omron digunakan untuk mengukur IMT, persentase lemak, dan massa otot. Penelitian ini dilakukan pada 28 subjek wanita dewasa berusia 18-40 tahun dengan obesitas (IMT ?25). Subjek melakukan latihan mat pilates selama 30 menit dengan frekuensi 3 kali seminggu selama 8 minggu.
Hasil: Persentase lemak tubuh mengalami penurunan nilai rerata (0,63±0,34) dengan hasil signifikansi p=0,000 (<0,05) yang menunjukkan terjadinya perubahan yang signifikan. Persentase massa otot mengalami peningkatan dengan nilai rerata (0,2±0,04) dengan hasil signifikansi p=0,000 (<0,05) yang menunjukkan terjadinya perubahan yang signifikan.
Simpulan: Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan pelatihan mat pilates pada wanita dewasa berumur 18-40 tahun berpengaruh signifkan terhadap penurunan persentase lemak tubuh dan peningkatan persentase massa otot. 


Kata Kunci: obesitas, mat pilates, massa lemak, massa otot

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-25
How to Cite
DEVI, L. Ade Sintia et al. PENGARUH LATIHAN MAT PILATES UNTUK MENURUNKAN PERSENTASE LEMAK DAN MENINGKATKAN MASSA OTOT PADA WANITA DEWASA DENGAN OBESITAS. Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 17-21, jan. 2022. ISSN 2722-0443. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mifi/article/view/73910>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MIFI.2022.v10.i01.p04.