HUBUNGAN ANTARA WAKTU REAKSI AUDITORI TERHADAP KESEIMBANGAN TUBUH PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI DESA BAHA
Abstract
Keseimbangan pada anak merupakan salah satu hal yang penting untuk ditinjau pada masa perkembangannya.
Peningkatan resiko hilangnya keseimbangan sering dikaitkan dengan waktu reaksi yang lambat. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui hubungan antara waktu reaksi auditori dengan keseimbangan tubuh pada siswa di Sekolah
Dasar di desa Baha. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2018 dengan desain studi cross sectional analytic.
Sampel diambil dengan metode simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 96 orang. Rentang usia
sampel yaitu 8 – 10 tahun. Variabel independen yaitu waktu reaksi auditori diukur menggunakan software computerized
reaction time test. Variabel dependen yaitu keseimbangan tubuh diukur menggunakan Pediatric Balance Scale. Uji
Pearson Correlation digunakan untuk menganalisis hubungan antara kedua variabel diatas. Terdapat hubungan yang
signifikan antara waktu reaksi auditori terhadap keseimbangan tubuh, berdasarkan output data dari analisis dengan
signifikansi < ? (p=0,006). Selanjutnya, berdasarkan output data diketahui Correlation Coefficient sebesar -0,281 yang
berarti adanya hubungan negatif dan linier. Terdapat hubungan yang signifikan antara waktu reaksi auditori dengan
keseimbangan tubuh pada anak sekolah dasar di Desa Baha.
Kata Kunci: Waktu Reaksi, Auditori, Keseimbangan, Anak