Analisa Efisiensi Perawatan Terencana Boiler Pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap Jeranjang

  • I Putu Gede Yudha Adi Prasetya
  • I GN Priambadi
  • Wayan Nata Septiadi

Abstrak

Abstrak
Boiler merupakan benjana tertutup yang berfungsi untuk memindahkan panas hasil pembakaran bahan bakar ke air yang akhirnya menghasilkan uap yang digunakan untuk proses di luar boiler itu sendiri, seperti pemanas untuk pengerak turbin, dan sebagainya. Melakukan perawatan yang baik pada boiler menghasilkan efisiensi yang baik pada boiler dan menghemat biyaya operasional secara umum berbagai usaha dapat dilakukan untuk menghemat produksi uap diantaranya dengan menabahkan peralatan yang bertujuan untuk memperbesar efisiensi dan dengan pengantian jenis bahan bakar yang baru dengan nilai kalor yang tinggi. Pengoperasian dan perawatan yang baik mampu meningkatkan efisiensi pada boiler secara singnifikan apabila dilakukan secara terencana dan sesuai dengan aturan maupun SOP yang berlaku. Menjaga kehandalan kerja boiler di perlukan perawatan yang terencana agar baik pada saat beroprasi. Melakukan perawatan terencana pada boiler dapat meminimalisir kerusakan, meningkatkan kinerja boiler, dan menghasilkan efisiensi yang tinggi.
Kata kunci: perawatan, boiler, dan efisiensi


Abstract
The Boilers is an enclosed laver that serves to transfer the heat of the combustion fuel to the water which eventually generates the steam that is used for the process outside the boiler itself, such as heating for the turbine roaches, and so on. Doing good maintenance on the boiler will produce good efficiency in the boiler and save operational Biyaya in general various efforts can be done to save the production of steam in between by upgrading equipment that aims to increase efficiency and with a new fuel type wait with high heat value. Good operation and maintenance will increase the efficiency of the boiler significantly when done in a planned and compliant rules and SOP. Maintain the reliability of the boiler work in need of treatment is planned to be good at the time of the operations. Conducting planned maintenance on the boiler will minimize damage, improve boiler performance, and produce high efficiency.
Keywords: Maintenance, boilers, and efficiency

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2020-10-01
##submission.howToCite##
ADI PRASETYA, I Putu Gede Yudha; PRIAMBADI, I GN; NATA SEPTIADI, Wayan. Analisa Efisiensi Perawatan Terencana Boiler Pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap Jeranjang. Teknik Desain Mekanika, [S.l.], v. 9, n. 4, oct. 2020. ISSN 2302-5182. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mekanika/article/view/72886>. Tanggal Akses: 07 may 2024

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

1 2 > >>