Pengaruh Faktor Koreksi Pengapian Terhadap Emisi Gas Buang Yang Dihasilkan Pada Kendaraan Jenis Injeksi 1800 Cc
Abstrak
Abstrak
Waktu pengapianmempengaruhi proses pembakaran mesin. Waktu pengapian kurang tepat menyebabkan pembakaran tidak
sempurna dan mempengaruhi emisi gas buang. Emisi yang dihasilkan,CO, CO2, dan HC berbahaya bagi kesehatan.
Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis melakukan penelitian berjudul “Pengaruh Faktor Koreksi Pengapian Terhadap
Emisi Gas Buang yang Dihasilkan pada Kendaraan Jenis Injeksi 1800CC”. Penelitian membahas pengaruh koreksi waktu
pengapian terhadap emisi gas buang, dilakukan pada koreksi waktu pengapian +2, +1, 0, -1, -2 putaran poros engkol, pada
putaran 1000, 1500, 2000, 2500, 3000 Rpm. Penelitian dilakukan untuk mengetahui nilai gas buang tiap koreksi waktu
pengapian pada putaran mesin tersebut. Hasil penelitian menunjukkan perubahan waktu pengapian mempengaruhi hasil
kandungan emisi. Nilai CO terbaik ketika putaran 1500 Rpm, nilai naik saat divariasikan pengapiannya. Untuk CO2, ketika
pengapian dimundurkan nilainya cenderung tinggi. Nilai CO2 terbaik pada putaran 2500 Rpm, semua nilainya tinggi
menandakan pembakaran baik. Memajukan dan memundurkan pengapiannya, memiliki efek yang sama yaitu menaikkan
nilai HC. Nilai HC terbaik saat koreksi putaran 2000 Rpm, cenderung stabil.
Kata Kunci : pengapian, waktu pengapian, koreksi pengapian, emisi gas buang
Abstract
The ignition timing affects the combustion process of the engine. Incorrect ignition timing causes incomplete combustion and
affects exhaust emissions. Emissions generated, CO, CO2, and HC are harmful to health. Based on these problems, the
authors conducted a study entitled "The Influence of Ignition Correction Factors Against Exhaust Emissions Generated on
Vehicles Type Injection 1800CC". The study discusses the effect of correction of ignition timing on exhaust emissions, carried
out on the ignition timing of +2, +1, 0, -1, -2 crankshaft rotation, at 1000, 1500, 2000, 2500, 3000 Rpm. The study was
conducted to determine the value of the exhaust gas of each ignition timing ignition at the engine speed. The results show that
changes in ignition timing affect the results of the emission content. The best CO value when round 1500 Rpm, value rises
when varied ignition. For CO2, when ignition is pushed its value tends to be high. The best CO2 value at 2500 Rpm round,
all high value indicates good combustion. Advancing and reversing the ignition, has the same effect of raising the HC value.
The best value of HC when the correction of 2000 Rpm Rpm, tend to be stable.
Keywords: ignition, ignition timing, a correction ignition, exhaust emissions