INTEGRASI PENGETAHUAN LINGKUNGAN, SISTEM KERJA KINERJA TINGGI HIJAU, DAN GREEN AMIDEXTERITY TERHADAP KINERJA LINGKUNGAN UKM DI TALAUD

  • Elisabeth Amiman Universitas Trisakti
  • Netania Emilisa Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini meneliti pengaruh Environmental Knowledge Integratoin (EKI), Green HighPerformance Work System (GHPWS), Green Ambidexterity (GA) terhadap Environmental Performance (EP) pada UKM di Talaud. Dimana tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh Environmental Knowledge Integratoin (EKI), Green High Performance Work System (GHPWS), Green Ambidexterity (GA) terhadap Environmental Performance (EP) pada UKM serta membantu UKM dalam menghadapi masalah lingkungan Ekologi yang muncul. Dengan menyebarkan Kuesioner kepada karyawan yang bekerja di UKM di Talaud dan terkumpul 120 tanggapan dari survei yang di lakukan. Dari survei serta pengolahan data yang di temukan penelitian ini menunjukan bahwa Environmental Knowledge Integration (EKI) tidak harus mencerminkan tekanan pemangku kepentingan namun tindakan proaktif dalam mengurangi masalah keberlanjutan dalam meningkatkan Environmental Performance (EP), dan dalam hal ini Green High Performance Work System (GHPWS) Diperlukan untuk memperoleh, mengembangkan, dan mempertahankan karyawan untuk membawa keyakinan dalam nilai nilai hijau ke dalam kerja. Praktik Green High Performance Work System (GHPWS) sangat membantu UKM dalam proses pelatihan, Rekrutmen, seleksi, evaluasi kinerja kompensasi bahkan kebijakan partisipasi karyawan serta untuk mempertahankan proses hijau dan inovasi produk dimana ini dapat meningkatkan Environmental Performance (EP).


Kata Kunci: Environmental Knowledge Integratoin; Green HighPerformance Work System; Green Ambidexterity; Environmental Performance.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-03-18
How to Cite
AMIMAN, Elisabeth; EMILISA, Netania. INTEGRASI PENGETAHUAN LINGKUNGAN, SISTEM KERJA KINERJA TINGGI HIJAU, DAN GREEN AMIDEXTERITY TERHADAP KINERJA LINGKUNGAN UKM DI TALAUD. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 179 - 197, mar. 2023. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/94055>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2023.v12.i02.p04.
Section
Articles