PENGARUH MODAL USAHA, LOKASI USAHA DAN PENGGUNAAN ECOMMERCE TERHADAP PENJUALAN UMKM BIDANG FASHION DI DENPASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh modal usaha, lokasi usaha, dan E-commerce secara simultan dan secara parsial terhadap penjualan UMKM bidang fashion di Kota Denpasar. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan metode accidental proportional sampling. Berdasarkan hasil perhitungan, maka jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah total seluruhnya yaitu 100 sampel yang akan masuk kedalam kategori usaha yang berada di dalam klaster wilayah yang dipilih dan kategori usaha yang berada di luar klaster. Teknik analisis yang digunakan adalah uji batasan linier berganda secara simultan dan uji signifikansi koefisien regresi secara parsial yang diuji menggunakan program SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan modal usaha, lokasi usaha, dan penggunaan E-commerce secara simultan berpengaruh positif terhadap penjualan UMKM bidang fashion di Kota Denpasar. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa modal usaha, lokasi usaha, dan penggunaan E-commerce secara parsial berpengaruh positif terhadap penjualan UMKM bidang fashion di Kota Denpasar. Kata kunci: modal usaha; lokasi usaha; E-commerce; penjualan; fashion