ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS DAN KESEJAHTERAAN PENGRAJIN SONGKET DI KECAMATAN SIDEMEN KABUPATEN KARANGASEM

  • I Putu Indra Antika Universitas Udayana
  • Putu Ayu Pramitha Purwanti Universitas Udayana

Abstract

Permasalahan tentang kesejahteraan merupakan masalah yang sampai saat ini masih terjadi di setiap daerah, termasuk di Kabupaten Karangasem. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis; 1) pengaruh curahan jam kerja, pengalaman kerja, dan bahan baku secara langsung terhadap produktivitas pengrajin songket di Kecamatan Sidemen Kabupaten Karangasem; 2) pengaruh curahan jam kerja, pengalaman kerja, bahan baku, dan produktivitas secara langsung terhadap kesejahteraan pengrajin songket di Kecamatan Sidemen Kabupaten Karangasem; 3) peran produktivitas dalam memediasi pengaruh curahan jam kerja, pengalaman kerja, dan bahan baku terhadap kesejahteraan pengrajin songket di Kecamatan Sidemen Kabupaten Karangasem. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 90 sampel dengan teknik analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan; 1) curahan jam kerja, pengalaman kerja, dan bahan baku berpengaruh positif signifikan terhadap produktivitas pengrajin songket di Kecamatan Sidemen Kabupaten Karangasem; 2) curahan jam kerja, pengalaman kerja, bahan baku, dan produktivitas berpengaruh positif signifikan terhadap kesejahteraan pengrajin songket di Kecamatan Sidemen Kabupaten Karangasem; 3) produktivitas memediasi pengaruh curahan jam kerja, pengalaman kerja, dan bahan baku terhadap kesejahteraan pengrajin songket di Kecamatan Sidemen Kabupaten Karangasem.


 


Kata kunci: kesejahteraan, produktivitas, curahan jam kerja, pengalaman kerja, bahan baku.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-09-02
How to Cite
ANTIKA, I Putu Indra; PURWANTI, Putu Ayu Pramitha. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS DAN KESEJAHTERAAN PENGRAJIN SONGKET DI KECAMATAN SIDEMEN KABUPATEN KARANGASEM. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 11, n. 7, p. 2541-2566, sep. 2022. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/88722>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEP.2022.v11.i07.p03.