PENGARUH LIKUIDITAS, STRUKTUR MODAL, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR OTOMOTIF

Universitas Udayana

  • Ni Made Ayu Dewi Pradnyaswari Universitas Udayana
  • I Made Dana Universitas Udayana

Abstract

Profitabilitas menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan suatu perusahaan. Profitabilitas menunjukkan kemampuan perusahaan memperoleh laba atau ukuran efektivitas pengelolaan manajemen perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh likuiditas, struktur modal, ukuran perusahaan, dan leverage terhadap profitabilitas perusahaan.
Penelitian ini dilakukan pada perusahaan sub sektor otomotif dan komponen di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019 dengan sampel penelitian sebanyak 12 perusahaan. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah dengan purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan observasi
non partisipan. Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa likuiditas, struktur modal dan ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas, leverage berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas. Implikasi penelitian ini diharapkan bagi perusahaan dapat menjadi dasar pertimbangan dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan likuiditas, struktur modal, ukuran perusahaan, dan leverage yang akan berdampak pada profitabilitas perusahaan. Perusahaan disarankan untuk menjaga tingkat likuiditas tetap optimal sehingga perusahaan tetap stabil dan aman. Perusahaan juga disarankan untuk mempertimbangkan sumber daya yang dimiliki baik berupa modal sendiri ataupun utang yang dimanfaatkan untuk memperoleh profitabilitas.


Kata kunci: profitabilitas, likuiditas, struktur modal, ukuran perusahaan, leverage

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-03-24
How to Cite
PRADNYASWARI, Ni Made Ayu Dewi; DANA, I Made. PENGARUH LIKUIDITAS, STRUKTUR MODAL, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR OTOMOTIF. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 11, n. 3, p. 505 - 525, mar. 2022. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/74118>. Date accessed: 28 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i03.p05.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>