PENGARUH PROFITABILITAS, STRUKTUR AKTIVA DAN SIZE TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN BARANG KONSUMSI DI BEI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh profitabilitas, struktur aktiva dan size pada perusahaan barang konsumsi di Bursa Efek Indonesia.Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif, dengan memilih barang konsumsi di Bursa Efek Indonesia sebagai lokasi atau ruang lingkup wilayah penelitian. Objek pada penelitian ini adalah struktur modal perusahaan barang konsumsi di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2016. Metode penentuan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui data sekunder, kemudian hipotesis diuji dengan teknik analisis regresi linear berganda dengan alat bantu program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas, struktur aktiva berpengaruh positif signifikan terhadap struktur modal dan ukuran perusahaan (size) berpengaruh positif tidak signifikan terhadap struktur modal terhadap struktur modal pada perusahaan barang konsumsi di BEI. Berdasarkan hasil tersebut, maka sebaiknya manajemen perlu memperhatikan variabel-variabel yang mempengaruhi struktur modal, khususnya untuk variabel ukuran perusahaan karena variabel ini terbukti memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap struktur modal.
Kata kunci: profitabilitas. struktur aktiva, size, struktur modal