PERAN MAINTENANCE DALAM MEMODERASI PENGARUH TQM TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN BOUNTY CRUISES DI PELABUHAN BENOA

  • Ni Putu Tara Damayanti Dewi Universitas Udayana
  • Ni Ketut Purnawati Universitas Udayana

Abstract

Kinerja Perusahaan merupakan suatu keadaan yang dihasilkan oleh suatu perusahaan dengan mengacu pada standar penilaian kinerja perusahaannya. Kinerja dijadikan sebagai bahan evaluasi bagi manajemen terhadap kualitas dan tinggi rendahnya kinerja organisasi. Dalam mengelola kualitas, perusahaan perlu menerapkan sistem manajemen kualitas yaitu Total Quality Management (TQM). Perusahaan juga perlu memperhatikan maintenance suatu objek layanan agar tetap berfungsi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja perusahaan yang dipengaruhi TQM dan peran maintenance dalam memperkuat atau memperlemah pengaruh TQM terhadap kinerja perusahaan. Penelitian ini menggunakan sampel jenuh sejumlah 96 orang crew/staff melalui metode wawancara dan kuisioner dengan teknik analisis data yang digunakan yaitu Analisis Faktor dan Moderated Regression Analysis (MRA). Penelitian ini menghasilkan adanya peran maintenance yang mampu memperkuat pengaruh TQM terhadap kinerja perusahaan. Hasil penelitian ini dapat menjadi pedoman bagi perusahaan melalui pelaksanaan maintenance dan dimensi kualitas.


Kata Kunci : TQM, Maintenance, Kinerja Perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-02-15
How to Cite
DEWI, Ni Putu Tara Damayanti; PURNAWATI, Ni Ketut. PERAN MAINTENANCE DALAM MEMODERASI PENGARUH TQM TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN BOUNTY CRUISES DI PELABUHAN BENOA. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 125 - 144, feb. 2021. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/67447>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2021.v10.i02.p02.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)