PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, KOMUNIKASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN KAROSERI DAN BODY REPAIR PADA PT. MERPATI BALI

  • I Putu Yuda Perdana Putra Fakultas Ekonomi Universitas Udayana
  • I Gusti Ayu Dewi Adnyani Fakultas Ekonomi Universitas Udayana

Abstract

PT. Merpati Bali merupakan satu dari sekian banyak perusahaan yang bergerak dibidang jasa produksi sarana transportasi yang berfokus pada pembuatan bus dan mini bus. Kinerja karyawan karoseri dan body repair pada PT. Merpati Bali sangat mempengaruhi kinerja perusahaan dimana akan berdampak pada kemajuan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini untuk meneliti pengaruh  kepemimpinan transformasional, komunikasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan serta untuk mengetahui variabel yang berpengaruh dominan terhadap kinerja karyawan karoseri dan body repair pada PT. Merpati Bali. Penelitian ini menggunakan seluruh karyawan PT. Merpati Bali sebagai responden penelitian sejumlah 79 orang, sehingga penelitian ini menggunakan sampel jenuh (sensus). Teknis analisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Dari analisis yang telah dilakukan menunjukkan hasil bahwa kepemimpinan transformasional, komunikasi dan disiplin kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dan secara parsial kepemimpinan, komunikasi dan disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dimana variabel kepemimpinan transformasional berpengaruh paling dominan terhadap kinerja karyawan.

Kata kunci : kepemimpinan transformasional, komunikasi, disiplin kerja, kinerja karyawan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-04-04
How to Cite
YUDA PERDANA PUTRA, I Putu; DEWI ADNYANI, I Gusti Ayu. PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, KOMUNIKASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN KAROSERI DAN BODY REPAIR PADA PT. MERPATI BALI. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 2, n. 4, apr. 2013. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/4775>. Date accessed: 05 july 2024.
Section
Articles

Keywords

kepemimpinan transformasional, komunikasi, disiplin kerja, kinerja karyawan