PENGARUH STRES KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION MELALUI MEDIASI KOMITMEN ORGANISASIONAL PADA RESTORAN QUEEN’S TANDOOR SEMINYAK

  • Gede Dirga Pranata Universitas Udayana
  • I Gusti Salit Ketut Netra Universitas Udayana

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh stres kerja terhadap turnover intention melalui mediasi komitmen organisasional. Penelitian ini dilakukan di restoran Queen’s Tandoor Seminyak di Kabupaten Badung. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 79 orang karyawan, melalui metode nonprobability sampling, khususnya sampel jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner, wawancara, dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa stres kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap turnover intention. Stres kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap komitmen organisasional. Komitmen organisasional berpengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention. Komitmen organisasional dapat memediasi pengaruh stres kerja terhadap turnover intention. Manajemen sebaiknya memperhatikan pembebanan pekerjaan agar tidak melebihi kemampuan karyawan yang dapat mengakibatkan stres kerja dan meningkatkan keterlibatan karyawan di dalam perusahaan.


Kata kunci: stres kerja, komitmen organisasional, turnover intention

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-03
How to Cite
PRANATA, Gede Dirga; KETUT NETRA, I Gusti Salit. PENGARUH STRES KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION MELALUI MEDIASI KOMITMEN ORGANISASIONAL PADA RESTORAN QUEEN’S TANDOOR SEMINYAK. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 6, p. 3531 - 3559, june 2019. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/45795>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i06.p09.
Section
Articles