PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, MOTIVASI KOMUNIKASI, DAN BUDAYA ORGANISASIONAL TERHADAP DISIPLIN KERJA PEGAWAI KONTRAK

  • Cok Gede Bagus Sandi Rahadian Universitas Udayana
  • I Gusti Made Suwandana Universitas Udayana

Abstract

 Disiplin kerja ialah cara yang digunakan suatu instansi untuk mempengaruhi tingkah laku pegawainya agar taat terhadap ketentuan dan aturan dalam instansi. Agar pegawai memiliki disiplin kerja yang tinggi, suatu instansi perlu memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi disiplin kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi, komunikasi, dan budaya organisasional terhadap disiplin kerja pegawai kontrak Dinas Kebudayaan Provinsi Bali. Penelitian ini dilakukan di Dinas Kebudayaan Provinsi Bali. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 53 orang pegawai kontrak, dengan metode sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan kuisioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa gaya kepemimpinan, motivasi, komunikasi, dan budaya organisasional berpengaruh signifikan terhadap disiplin kerja. Hal ini berarti semakin baik gaya kepemimpinan, motivasi, komunikasi, dan budaya organisasional yang diterapkan oleh instansi maka akan semakin tinggi pula tingkat disiplin kerja pegawai.


 


Kata kunci: disiplin kerja, gaya kepemimpinan, motivasi, komunikasi, budaya organisasional

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-03
How to Cite
RAHADIAN, Cok Gede Bagus Sandi; SUWANDANA, I Gusti Made. PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, MOTIVASI KOMUNIKASI, DAN BUDAYA ORGANISASIONAL TERHADAP DISIPLIN KERJA PEGAWAI KONTRAK. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 6, p. 3590 - 3617, june 2019. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/45755>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i06.p11.
Section
Articles