PERAN PREFERENSI MEREK DALAM MEMEDIASI HUBUNGAN ANTARA EKUITAS MEREK DENGAN NIAT BELI

  • Made Adnyana Universitas Udayana
  • Ni Nyoman Rsi Respati Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh ekuitas merek terhadap  preferensi merek, pengaruh ekuitas merek terhadap niat beli, pengaruh preferensi merek terhadap niat beli, dan peran preferensi merek dalam memediasi hubungan antara ekuitas merek dengan niat beli. Penelitian ini dilakukan di wilayah kota denpasar dengan menggunakan 110 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode simple random sampling dengan teknik analisis SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekuitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi merek. Ekuitas merek  berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli. Preferensi merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli. Preferensi merek sebagai variabel mediasi berpengaruh signifikan secara tidak langsung terhadap niat beli melalui variabel ekuitas merek. Garuda Indonesia perlu memperhatikan loyalitas merek dikarenakan loyalitas merek merupakan satu-satunya unsur equitas merek yang terkait dengan perolehan laba di masa depan. Garuda Indonesia harus lebih meningkatkan preferensi merek perusahaan di benak calon konsumen guna terciptanya niat beli.


 


Kata kunci: ekuitas merek, preferensi merek, niat beli


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-03
How to Cite
ADNYANA, Made; RESPATI, Ni Nyoman Rsi. PERAN PREFERENSI MEREK DALAM MEMEDIASI HUBUNGAN ANTARA EKUITAS MEREK DENGAN NIAT BELI. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 559 - 587, jan. 2019. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/45136>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i01.p20.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)