PENGARUH KEADILAN ORGANISASIONAL DAN PEMBERDAYAAN PSIKOLOGIS KARYAWAN TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL PADA KARYAWAN OPERASIONAL PT. DESTINATION ASIA

  • Kadek Ery Pradnyantara Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Desak Ketut Sintaasih Universitas Udayana

Abstract

Rendahnya komitmen organisasional, mencerminkan kurangnya tanggung jawab pegawai dalam menjalankan tugasnya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh keadilan organisasi dan pemberdayaan karyawan terhadap komitmen organisasional pada PT. Destination Asia.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Destination Asia di Bali yang berjumlah 56 orang. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sensus yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel, sehingga sampel dari penelitian ini adalah selurh karyawan operasional yang bekerja PT. Destination Asia. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda untuk menguji pengaruh keadilan organisasi dan pemberdayaan karyawan terhadap komitmen organisasional karyawan PT. Destination Asia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keadilan organisasi dan pemberdayaan karyawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional karyawan PT. Destination Asia. Hasil kuisioner menunjukkan bahwa indikator komitmen normatif, indikator keadilan distributif, dan indikator impact yang berkaitan dengan rasa percaya diri seseorang terhadap kemampuan yang mereka.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-03
How to Cite
PRADNYANTARA, Kadek Ery; SINTAASIH, Desak Ketut. PENGARUH KEADILAN ORGANISASIONAL DAN PEMBERDAYAAN PSIKOLOGIS KARYAWAN TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL PADA KARYAWAN OPERASIONAL PT. DESTINATION ASIA. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 7, n. 9, p. 4803 - 4830, sep. 2018. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/38923>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v07.i09.p07.
Section
Articles