PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN STRES KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION PADA KARYAWAN HOTEL HOLIDAY INN EXPRESS

  • Ida Bagus Dwihana Parta Yuda Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Komang Ardana

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja dan stres kerja terhadap Hotel Holiday Inn Express Bali Raya Kuta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Hotel Holiday Inn Express Bali Raya Kuta yang berjumlah 77 orang sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 77 responden. Metode penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dengan menggunakan skala likert 5 poin untuk mengukur 13 item pertanyaan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa kepuasan kerja berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap terhadap turnover intention sedangkan stres kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap turnover intention. Perusahaan diharapkan memperhatikan kepuasan karyawan dan memperhatikan waktu kerja karyawan agar mereka tidak merasa stres dan dapat menurunkan tingkat turnover intention Hotel Holiday Inn Express Bali Raya Kuta.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-10-03
How to Cite
PARTA YUDA, Ida Bagus Dwihana; ARDANA, I Komang. PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN STRES KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION PADA KARYAWAN HOTEL HOLIDAY INN EXPRESS. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 6, n. 10, p. 5319 - 5347, oct. 2017. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/31745>. Date accessed: 20 may 2024.
Section
Articles