PENGARUH RETAIL MARKETING MIX TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh retail marketing mixterhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan pada Indomaret di wilayah Denpasar barat. Penelitian ini dilakukan di Indomaret wilayah Denpasar Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalahwawancara dan kuisioner.Jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak 160 responden dengan menggunakan metode Purposive Sampling.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis jalur.Hasil analisis menunjukan bahwa retail marketing mix berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, retail marketing mix berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan secara signifikan memediasi pengaruh retail marketing mix terhadap loyalitas pelanggan pada Indomaret di wilayah Denpasar Barat. Indomaret harus lebih memperhatikan kualitas produk yang di jual, lebih menguatkan promosi yang tidak hanya melalui katalog saja dan suasana toko juga menjadi aspek yang penting dalam bisnis ritel.