PENGARUH PRICE DISCOUNT DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP EMOTIONAL SHOPPING DAN IMPULSE BUYING

  • Wayan Aris Gumilang Universitas Udayana
  • I Ketut Nurcahya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Price Discount dan Store Atmosphere terhadap Emotional Shopping dan Impulse Buying di Matahari Department Store Cabang Denpasar. Penelitian ini berbentuk asosiatif dan dilakukan di Matahari Department Store Cabang Denpasar. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 128 orang. Dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan program AMOS 16.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh hipotesis diterima. Emotional Shopping memiliki pengaruh secara langsung terhadap Impulse Buying sebesar 0,425, Price Discount memiliki pengaruh secara langsung terhadap Emotional Shopping sebesar 0,410, Store Atmosphere memiliki pengaruh secara langsung terhadap Emotional Shopping sebesar 0,482, Price Discount terhadap Impulse Buying sebesar 0,305, dan Store Atmosphere terhadap Impulse Buying 0,289. Penting bagi pihak Matahari untuk memastikan bahwa penerapan Price Discount dan Store Atmosphere telah dilakukan dengan baik dan tepat sehingga ke depannya dapat secara konsisten menciptakan Emotional Shopping dan dapat membuat konsumen melakukan pembelian impulsif ketika mengunjungi Matahari Department Store Cabang Denpasar.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2016-04-06
##submission.howToCite##
GUMILANG, Wayan Aris; NURCAHYA, I Ketut. PENGARUH PRICE DISCOUNT DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP EMOTIONAL SHOPPING DAN IMPULSE BUYING. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 5, n. 3, apr. 2016. ISSN 2302-8912. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/17660>. Tanggal Akses: 14 oct. 2025
Bagian
Articles

Kata Kunci

Price Discount, Store Atmosphere, Emotional Shopping, Impulse Buying