PERAN BRAND IMAGE MEMEDIASI PENGARUH E-WOM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SOMETHINC DI KOTA DENPASAR

  • Ni Luh Gede Kintan Pratiwi Universitas Udayana
  • I Gusti Ayu Ketut Giantari Universitas Udayana
  • I Wayan Santika Universitas Udayana

Abstract

Maraknya tren skincare di Indonesia menyebabkan munculnya brand-brand lokal dengan formula beragam yang telah disesuaikan dengan kondisi kulit orang Indonesia. Salah satu brand skincare lokal Indonesia adalah Somethinc yang berfokus pada produk perawatan kulit dan tata rias wajah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian melalui brand image pada produk Somethinc di Kota Denpasar. Penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling kepada 100 responden di Kota Denpasar. Teknik analisis data dengan uji analisis jalur, uji asumsi klasik dan uji Sobel. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) Electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian 2) Electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image 3) Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan 4) Brand image mampu memediasi secara parsial pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian. Rekomendasi yang dapat diberikan kepada distributor produk Somethinc di Kota Denpasar adalah meningkatkan jumlah dan kualitas ulasan positif terkait produk Somethinc, memperkuat identitas merek Somethinc di benak konsumen dan menjadi perantara antara konsumen dan produsen produk Semethinc dengan memberikan umpan balik tentang masalah pada produk serta layanan pelanggan untuk meningkatkan dan mempertahankan kepuasan konsumen.


The skincare trend in Indonesia has emergence of local brands with various formulas adapted to the skin conditions of Indonesian people. One of the local Indonesian skincare brands is Somethingnc which focuses on skin care and make-up products. The aim of this research the influence of electronic word of mouth on purchasing decisions through the brand image of Somethinc products in Denpasar City. This research used a non-probability sampling method with a purposive sampling technique for 100 respondents in Denpasar City. Data analysis techniques using path analysis tests, classical assumption tests and Sobel tests. The results of the analysis show that 1) Electronic word of mouth has a positive and significant effect on purchasing decisions 2) Electronic word of mouth has a positive and significant effect on brand image 3) Brand image has a positive and significant effect on purchasing decisions and 4) Brand image is able to partially mediate the influence of electronic word of mouth on purchasing decisions. Recommendations that can be given to distributors of Somethinc products in Denpasar City are increasing the number and quality of positive reviews regarding Somethinc products, strengthening the Somethinc brand identity minds of consumers and becoming an intermediary between consumers and producers of Semethinc products by providing feedback about problems with the product and customer service for increase and maintain consumer satisfaction.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriyati, Rosmaya dan Indriani, Farida. (2017). Pengaruh Electronic word of mouth Terhadap Citra Merek dan Minat Beli Pada Produk Kosmetik Wardah. Diponegoro Journal of Management. 6(4). hal. 1-14.
Agatha, C., Tumbel, A. dan Soepeno, D. (2019). Pengaruh Brand image dan Electronic word of mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Oriflame di Manado. Jurnal EMBA. 7(1). hal.131-140.
Akbar, M. J. C. dan Sunarti (2018). Pengaruh Electronic word of mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Sushi Tei Kelapa Gading). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 60(3). hal.45-51.
Amin, A. M dan Yanti R. F. (2021). The Effect of Brand Ambassador, E-WOM, Lifestyle, Country of Origin and Motivation on the Decision of Purchase Korean Skincare Products Nature Republic. Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi. 2(1). hal. 1-14.
Arianty, N. dan Andira, A. (2021). Pengaruh Brand image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. MANNEGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen. 4(1). hal. 39-50.
Armayani, A. dan Jatra, I Made. (2019). Peran Brand image Memediasi Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen. 8(8). hal. 5222-5239.
Atsila, R. E., Saroh, S. dan Krisdianto, D. (2020). Pengaruh Electronic word of mouth, Online Consumer Review dan Integrated Marketing Communication di Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Ghealsy Shoes). JIAGABI. 9(1). hal. 35-42.
Badan Pusat Statistik Provinsi Bali. (2022). Persentase Penduduk Usia 5 Tahun ke Atas yang Mengakses Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam 3 Bulan Terakhir Menurut Kabupaten/Kota, 2022. https://bali.bps.go.id. Diakses pada 21 Oktober 2023.
Badir, M. dan Andjarwati, A. L. (2020). The Effect of EWOM, Easy of Use and Trust on Purchase Decision (Study on Tokopedia Application Users). Jurnal Manajemen Ide dan Inspirasi. 7(1). hal. 39-52.
Charo, N., Sharma, P., Shaikh, S., Haseeb, A. and Sufya, M. (2015). Determining the Impact of Ewom on Brand image and Purchase Intention through Adoption of Online Opinions. International Journal of Humanities and Management Sciences (IJHMS). 3(1). pp. 41-46.
Compass.co.id. (2022). 10 Brand Skincare Lokal Terlaris di Online Marketplace. https://compas.co.id/article/brand-skincare-lokal-terlaris/. Diakses pada 25 Oktober 2023.
Danniswara, R., Sandhyaduhita, P. and Munajat, Q. (2017). The Impact of EWOM Referral, Celebrity Endorsement, and Information Quality on Purchase Decision: A Case of Instagram. Information Resources Management Journal. 30(2). pp. 23-43.
Dewi, N. S. dan Sudiksa, I. B. (2019). Peran Kepercayaan Merek Memediasi Electronic word of mouth Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen. 8(6). hal.3784-3813.
Dwivedi, Y. K. et al. (2021). Setting the Future of Digital and Social Media Marketing Research: Perspectives and Research Proportions. International Journal of Information Management. 59(2021). pp. 1-37.
Febriyanti, N. F. dan Dwijayanti, R. (2022). Pengaruh E-Service Quality dan Electronic word of mouth (E-WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Emina (Studi pada Remaja di Kota Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan. 2(2). hal. 181-191.
Giantari, I. G. A. K., Utama, I. P. H. B. dan Wadani, N.L.D.A. (2020). Peran Brand Love Memediasi Pengaruh Brand image Terhadap Word of Mouth. Jurnal Ilmu Manajemen Mahasaraswati. 10(1). hal. 54-61.
Gultom, M. D. Adlina, H. and Siregar, O. M. (2022). The Influence of Electronic word of mouth and Brand image on The Purchase Decision of Video on Demand Netflix Subscription (Study on Netflix Users in Medan City). Journal of Humanities, Social, Sciences and Business. 2(1). pp. 122-127.
Gunawan, D. dan Pertiwi, A. D. (2022). Pengaruh Label Halal, Electronic word of mouth dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Safi Melalui Brand image dan Brand Trust. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam. 8(1). hal. 815-824.
Haikal, R., U. M., Handayani, S. D. U. M., and Nuryakin. (2018). The Influence of Electronic word of mouth on Brand image and Brand Trust and Its Impact on Purchase Intention (Empirical Study on Mi Fans Yogyakarta Community). Jurnal Bisnis dan Teori Implementasi. Vol. 4. pp. 22–29.
Hakim, A., Simanjuntak, M. dan Hasanah, N. (2021). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian di Instagram. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen. 14(3). hal. 296-309.
Immanuel, D. M. and Maharia, M. A. (2020). Engaging Purchase Decision of Costumers in Marketplace Channel: A Study of Fashion Online Retail. Journal of Business and Management. 7(2). pp. 106-117.
Irmayanti, S. dan Annisa, I. T. (2023). Peran Mediasi Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Merek Lokal pada Wanita Urban. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMBI). 4(1). hal. 106-116.
Ismagilova, E., Slade, E. L., Rana, N. P. and Dwivedi, Y. K. (2020). The Effect of Electronic word of mouth Communication on Intentions to Buy: A Meta Analysis. Information Systems Frontiers. 22. pp. 1203-1226.
Janah, N. R. dan Suswardji, E. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Electronic word of mouth Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Wardah. Journal of Economic, Business and Accounting. 4(2). hal. 690-697.
Katadata.co.id. (2023). 50 Merek Lokal Paling Populer. https://katadata.co.id/merek-lokal. Diakses pada 25 Oktober 2023.
Katadata.co.id. (2022). Survei Konsumen Kosmetik Lebih Pilih Brand Lokal. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/09/04/survei-54- konsumen-kosmetik-lebih-pilih-brand-lokal Diakses pada 17 Desember 2022.
Krisnawati, Ni Wayan dan Warmika, I Gede Ketut. (2020). Peran Brand image Memediasi Pengaruh E-WOM Terhadap Niat Konsumen Menggunakan OVO Mobile Payment. E-Jurnal Manajemen. 9(1). hal. 79-98.
Mahiri, E. A. (2020). Pengaruh Brand image dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Mart Banjaran. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen. 12(3) hal. 227-238.
Nabilaturrahmah, Ananda dan Siregar, Salim. (2022). Pengaruh Viral Marketing, Brand image, dan e-WOM terhadap Niat beli Produk Somethinc pada Followers Instagram @Somethincofficial. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 8(7).
Narayana, K. G. S. dan Rahanatha, G. B. (2020). Peran Brand image Memediasi Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen. 9(5). hal. 1962-1982.
Nasiruddin, K., Hashim, H., and Raja Yusof, R. N. (2016). Electronic word of mouth: Exploring the Consumer Perspective. International Journal of Accountig, Business and Management. 4(2). pp. 19–25.
Noviandini, N. P. T. dan Yasa, N. N. K. (2021). Peran Brand Trust Memediasi Pengaruh Electronic word of mouth Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen. 10(11). hal.1201-1220.
Nuraidah dan Megawati, L. (2023). Pengaruh Digital Marketing dan E-WOM Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare MS Glow (Survei pada Pelanggan Store MS Glow Sukabumi). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 9(8). hal. 386-400.
Oktaviani, B. R. dan Estawsara, H. (2022). Pengaruh Electronic word of mouth (eWOM) di Media Sosial Twitter @avoskinbeauty Terhadap Keputusan Pembelian Avoskin. Jurnal Publish. 1(1). hal. 1-69.
Padmawati, N. M. dan Suasana, I. G. A. K. G. (2020). Peran Kepercayaan Merek dalam Memediasi Pengaruh E-WOM Terhadap Keputusan Pembelian Produk Chatime di Bali. E-Jurnal Manajemen. 9(7). hal. 2621-2641.
Pratama, M. R. dan Kusumadewi, N. M. W. (2023). Peran Brand image Memediasi Pengaruh E-WOM Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen. 12(7). hal. 691-711.
Prawira, A. A. N. D. N. dan Setiawan, P. Y. (2021). Pengaruh Brand image, Brand Satisfaction dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Pelanggan Sepatu Merek Nike. E-Jurnal Manajemen. 10(12). hal. 1305-1324.
Prayoga, I. dan Mulyandi, M. R. (2020). Pengaruh Electronic word of mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Fore Coffee. Jurnal Syntax Transformation. 1 (5). hal. 136-140.
Prihartini, D. dan Damastuti, R. (2022). Pengaruh e-WOM terhadap Niat beli Skincare Lokal pada Followers Twitter @ohmybeautybank. Jurnal Ilmu Komunikasi. 4(1). hal. 56-57.
Rao, K. S., Rao, B. and Acharyulu, G. (2021). Examining E-WOM-Purchase Intention Link in Facebook Brand Fan Pages: Trusts Beliefs, Value Co- Creation and Brand image as Mediators. IIMB Management Review. 33. pp. 309-321.
Ramadhani, G. R. dan Laily, N. (2023). Pengaruh Electronic word of mouth dan Social Media Terhadap Pengambilan Keputusan Melalui Brand image (Studi pada Mahasiswa STIESA Surabaya). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. 12(3). hal. 1-15.
Sahanaya, V. dan Madiawati, P. N. (2023). Pengaruh Social Media Marketing dan Electronic word of mouth Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand image pada Point Coffee Bandung. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Teknologi. 7(3). hal. 581-590.
Sanjiwani, N. M. D. dan Suasana, I. G A. K. G. (2019). Peran Brand image Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen. 8(11). hal. 6721-6740.
Saraswati, A. R., and Giantari, I G. A. K. (2022). Brand image Mediation of Product Quality and Electronic word of mouth on Purchase Decision. International Research Journal of Management, IT & Social Sciences.9 (1). pp. 97-109.
Saraswati, A. R. dan Rahyuda, K. (2017). Brand image Memediasi Kualitas Produk dan Harga Dengan Keputusan Pembelian Smartphone Apple di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud. 6(6). hal. 3252-3282.
Sari, Niken Puspita dan Sudarwanto, Tri. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand image Terhadap Minat Beli Konsumen Skincare MS Glow (Studi Pada Konsumen MS Glow di Jawa Timur). Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi dan Bisnis. 1(2). hal. 25-40.
Sari, N., Saputra, M. dan Husein, J. (2017). Pengaruh Electronic word of mouth Terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Online Bukalapak.com. Jurnal Manajement Magister. 3(1). hal. 96-106.
Septayuda, I. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi-4X. MBIA. 16 (2). 127-136.
Upadana, M. W. K. dan Pramudana, K. A. S. (2020). Brand Awareness Memediasi Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen. 9(5). hal. 1921-1941.
Published
2024-11-26
How to Cite
KINTAN PRATIWI, Ni Luh Gede; GIANTARI, I Gusti Ayu Ketut; SANTIKA, I Wayan. PERAN BRAND IMAGE MEMEDIASI PENGARUH E-WOM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SOMETHINC DI KOTA DENPASAR. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 13, n. 11, p. 1630 - 1645, nov. 2024. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/116437>. Date accessed: 05 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2024.v13.i11.p01.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>