PERAN BRAND IMAGE MEMEDIASI PENGARUH EWOM TERHADAP NIAT BELI ULANG PADA TOKOPEDIA

  • Muduartha Bella Fransisca FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS UDAYANA
  • I Wayan Santika FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS UDAYANA

Abstract

Peran brand image dalam memediasi pengaruh EWOM terhadap niat beli ulang pada Tokopedia menjadi tujuan yang dilakukan pada penelitian ini. Sampel penelitian terdiri dari 135 orang konsumen Tokopedia di Kota Denpasar dengan metode nonprobability sampling. Data penelitian diperoleh melalui survei online menggunakan kuesioner yang akan dianalisis kembali menggunakan metode data path analysis. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan bahwa EWOM memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli ulang di Tokopedia, hasil pengujian EWOM juga menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap brand image pada Tokopedia, brand image memiliki pengaruh positif serta signifikan terhadap niat beli ulang di Tokopedia, serta brand image mampu memediasi pengaruh EWOM terhadap niat beli ulang di Tokopedia. Implikasi dari penelitian ini adalah EWOM yang baik mampu meningkatkan niat beli ulang dan mampu membuat brand imagesemakin baik. Brand image yang baik mampu meningkatkan niat beli ulang konsumen Tokopedia oleh karena itu, bagi perusahaan Tokopedia sangatlah penting untuk dapat mengendalikan EWOM mengenai perusahaan yang tersebar di platform sosial media yang nantinya akan berdampak pada brand image dan niat beli ulang konsumen.


Kata kunci: EWOM; Citra Merek; Niat Beli Ulang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariesi, D. P., & Suprapti, N. W. S. (2022). Peran Citra Merek Dalam Memediasi Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Niat Beli Kosmetik Liptint. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 11(4), 824–844. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2022.v11.i04.p10
Arif, M. E. (2019). The influence of electronic word of mouth (Ewom), brand image, and price on re-purchase intention of Airline customers. Jurnal Aplikasi Manajemen, 17(2), 345–356. https://doi.org/10.21776/ub.jam.2019.017.02.18
Babić Rosario, A., de Valck, K., & Sotgiu, F. (2020). Conceptualizing the electronic word-of-mouth process: What we know and need to know about eWOM creation, exposure, and evaluation. In Journal of the Academy of Marketing Science (Vol. 48, Issue 3). https://doi.org/10.1007/s11747-019-00706-1
BaliPost. (2022). Alami peningkatan tren transaksi belanja online di Bali. https://www.balipost.com/news/2022/07/20/281155/Alami-Peningkatan,Tren-Transaksi-Belanja...html
BeritaBali.com. (2021). 81,55% warga Denpasar akses internet 8 jam untuk medsos. https://www.beritabali.com/news/read/8155-warga-denpasar-akses-internet-8-jam-untuk-medsos#google_vignette
Databoks. (2021). Penggunaan e-commerce Indonesia tertinggi di dunia. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/06/04/penggunaan-e-commerce-indonesia-tertinggi-di-dunia
Ekaprana, I. D. G. A., Jatra, I. M., & Giantari, I. G. A. K. (2020). Pengaruh kualitas produk, kualitas layanan dan citra merek terhadap niat pembelian ulang. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(8), 2895. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i08.p01
Fakaubun, U. fitria K. (2018). Pengaruh citra merek terhadap minat beli ulang sepatu Adidas di Malang melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening (Studi kasus pada toko Sport Station Dinoyo, Malang). JIMMU, III(1).
Giantari, I. G. A. K., & Sukawati, T. G. R. (2023). Strategi reciprocity UMKM coffee shop di Bali. Media Sains Indonesia.
Hennig-Thurau, T., Gwinner, K. P., Walsh, G., & Gremler, D. D. (2004). Electronic word-of-mouth via consumer-opinion platforms: What motivates consumers to articulate themselves on the Internet? Journal of Interactive Marketing, 18(1), 38–52. https://doi.org/10.1002/dir.10073
Heryana, D. K., & Yasa, N. N. K. (2020). The influence of electronic word of mouth on repurchase intention is mediated by brand attitude. International Research Journal of Management, IT & Social Sciences, 7(2), 9–20.
Istri, P. A. A. S. D., & Raka, S. T. G. (2021). The role of brand image and brand trust in mediating the effect of electronic word of mouth on repurchase intention: A study on Shopee consumers in Denpasar city. Eurasia: Economics & Business, 7(49), 12–24. https://doi.org/10.18551/econeurasia.2021-07
Iswara, G. A. N., & Santika, I. W. (2019). Peran citra merek dalam memediasi pengaruh e-wom terhadap minat beli sepatu merek Bata. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(8), 5182–5201. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i08.p18
Kakisina, M., & Lego, Y. (2021). Pengaruh citra merek, kualitas makanan, dan kualitas layanan terhadap niat pembelian kembali pada pelanggan Kfc cabang Kakialy di Ambon. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(4), 1118. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i4.13507
Katadata.co.id. (2021). Peta persaingan e-commerce di Indonesia. https://katadata.co.id/ariayudhistira/infografik/61b945392d739/peta-persaingan-e-commerce-di-indonesia#google_vignette
Kusuma, A. F., & Wijaya, T. (2022). Pengaruh electronic word of mouth terhadap minat beli konsumen: Peran mediasi citra merek. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 12(1), 30–42.
Manuella, W., & Sander, O. A. (2022). Pengaruh electronic word of mouth (E-wom) di instagram terhadap minat pembelian pada merek kosmetik lokal yang dimediasi oleh citra merek dan sikap merek. Journal of Strategic Management, 2(2). https://doi.org/10.1007/s12599-013-0306-0
Prahiawan, W., Fahlevi, M., Juliana, J., Purba, J. T., & Tarigan, S. A. A. (2021). The role of e-satisfaction, e-word of mouth and e-trust on repurchase intention of online shop. International Journal of Data and Network Science, 5(4), 593–600. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2021.8.008
Pratama, A., & Azizah, N. (2022). Pengaruh e-wom, product quality, dan price terhadap brand image melalui perceived value. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Performa), 19(01), 113–122. https://doi.org/10.29313/performa.v19i01.9729
Putera, I. W. A. G., & Ekawati, N. W. (2022). Role of brand image and brand trust in mediating e-wom on repurchase intention of Chatime drink in Denpasar. RJOAS, 7(127), 41–49. https://doi.org/10.18551/rjoas.2022-07.05
Safitri, A. N. (2021). Pengaruh brand image, persepsi harga dan kualitas layanan terhadap minat beli ulang pada Lazada. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 1(1), 1–9. https://doi.org/10.37631/e-bisma.v1i1.212
Santi, I. G. A. P. C., & Suasana, I. G. A. K. G. (2021). The role of brand image mediates the effect of electronic word of mouth on repurchase intention in Starbucks Coffee. International Journal of Management and Commerce Innovations, 9(1), 328–338. www.researchpublish.com
Santika, K. J., & Mandala, K. (2019). Peran brand image dalam memediasi pengaruh kualitas produk terhadap niat beli ulang. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(10), 6139–6158. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i10.p14
Savitri, I. A. P. D., & Wardana, I. M. (2018). Pengaruh citra merek, kualitas produk dan persepsi harga terhadap kepuasan dan niat beli ulang. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(10), 5748–5782. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v07.i10.p19
Setiana, R., & Marlien, R. . (2021). Niat beli ulang: E-wom, celebrity endorse dan citra merek. Proceeding SENDIU, 978–979.
Stephens, D. L. (2017). Essentials of consumer behavior. Routledge.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. Alfabeta.
Sunu, N. P. P., & Rahanatha, G. B. (2021). Peran citra merek memediasi pengaruh keunggulan produk terhadap niat beli ulang produk fashion Uniqlo. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 10(3), 229–249. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2021.v10.i03.p02
Sutrisna, I. K. G. W., & Yasa, N. N. K. (2018). The role of brand image in mediating the effect of product quality towards repurchase intention at “Umah Lokal” coffee shop. American International Journal of Bsiness Management (AIJBM), 83(11), 172–180. https://doi.org/10.18551/rjoas.2018-11.20
Suyoga, I. B. G. A., & Santika, I. W. (2018). Peran brand image dalam memediasi pengaruh electronic word of mouth terhadap niat beli. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(6), 3230–3257.
Watu, M. D. N., Suprapto, H., & Sugandini, D. (2021). Peran mediasi kepercayaan pada pengaruh kualitas website dan e-wom terhadap minat beli ulang di Tokopedia oleh konsumen online generasi milenial di Daerah Istimewa Yogyakarta. Seminar Nasional Informatika, 1(1), 337–351. http://103.23.20.161/index.php/semnasif/article/view/6082/0
Wijaksono, D., & Ali, H. (2019). Model repurchase intentions: Analysis of brand awareness, perceived quality, brand association, and brand loyalty (Case study private label on store Alfamidi in Tangerang). Saudi Journal of Humanities and Social Sciences, 4(5), 371–380. https://doi.org/10.21276/sjhss.2019.4.5.10
Wijayajaya, H. R., & Astuti, S. R. T. (2018). The effect of trust and brand image to repurchase intention in online Shopping. KnE Social Sciences, 3(10), 915. https://doi.org/10.18502/kss.v3i10.3182
Published
2024-02-29
How to Cite
FRANSISCA, Muduartha Bella; SANTIKA, I Wayan. PERAN BRAND IMAGE MEMEDIASI PENGARUH EWOM TERHADAP NIAT BELI ULANG PADA TOKOPEDIA. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 258 - 277, feb. 2024. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/106901>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2024.v13.i02.p05.
Section
Articles