PENGARUH EKUITAS MEREK, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RICHEESE FACTORY
Abstract
Mobilitas manusia dan perubahan gaya hidup telah mendorong industri makanan cepat saji berkembang pesat di Kota Denpasar dan salah satunya adalah Richeese Factory. Tujuan penelitian untuk menjelaskan pengaruh ekuitas merek, harga, dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian. Penelitian dilakukan pada pelanggan Richeese Factory di Denpasar dengan jumlah sampel 150 responden dan ditentukan dengan metode purposive. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner berupa google form dan diukur dengan skala likert. Data dianalisis dengan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekuitas merek, harga, dan kualitas layanan secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Artinya, peningkatan keputusan pembelian pelanggan, dapat disebabkan oleh peningkatan ekuitas merek, harga dan kualitas layanan yang disajikan. Oleh karena itu, Richeese Factory harus mengelola dengan baik kebijakan terkait faktor-faktor tersebut untuk mempertahankan pelanggan dalam jangka panjang. Faktor-faktor tersebut adalah ekuitas merek, harga, dan kualitas layanan yang diterapkan, karena secara statistik terbukti mampu meningkatkan keputusan pembelian.
Downloads
References
Agustini, N. P. E., & Suasana, I. Gst. A. Kt. Gd. (2020). Pengaruh Ekuitas Merek, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Gerai Starbucks Di Bali. Buletin Studi Ekonomi, 25(1), 52–79. https://doi.org/10.24843/bse.2020.v25.i01.p04
Akkucuk, U., & Esmaeili, J. (2016). The Impact of Brands on Consumer Buying Behavior. International Journal of Research in Business and Social Science (2147- 4478), 5(4), 1–16. https://doi.org/10.20525/ijrbs.v5i4.551
Alfionita, C. M., Suharyono, & Yulianto, E. (2016). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pembeli Oppo Smartphone Di Counter Handphone Matos). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 3(1), 178-185.
Ali, H. (2019). Purchase Decision and Repurchase Models: Product Quality and Process Analysis (Case Study of House Ownership Credit Financing in Permata Sharia Bank Jakarta). Scholars Bulletin, 05(09), 526–535. https://doi.org/10.36348/sb.2019.v05i09.006
Amilia, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(1), 660–669. www.wikipedia.org
Ariyuni, D., & Suhardi, Y. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Starbucks Coffee Stasiun Gambir). Jurnal STEI Ekonomi, 22(11), 1–19.
Arjuna, H., & Ilmi, S. (2020). Effect of Brand Image, Price, and Quality of Product on The Smartphone Purchase Decision. EkBis: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 294–305. https://doi.org/10.14421/ekbis.2019.3.2.1190
Asti, E., & Ayuningtyas, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(01), 1–14. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v1i01.2
Budianto, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 17(2), 1-15.
Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace: Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan (LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmun Sosial, 3(1). https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1
Cynthia, D., Hermawan, H., & Izzudin, A. (2022). Pengaruh Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Adminisitrasi Dan Pelayanan Publik, 9(1), 104–112.
Destarini, F., & Prambudi, B. (2020). Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen 212 Mart Condet Batu Ampar. Jurnal EKOBIS: Ekonomi, Bisnis & Manajemen, 10(1), 58–66. http://ejournal.stiemj.ac.id/index.php/ekobis58
Diansyah, & Putera, R. M. (2017). Pengaruh Ekuitas Merek Dan Promosi Penjualan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Keputusan Pembelian. Media Ekonomi Dan Bisnis, 32(2), 97–109.
Febrian, A., & Ahluwalia, L. (2020). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek pada Kepuasan dan Keterlibatan Pelanggan yang Berimplikasi pada Niat Pembelian di E-Commerce. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan, 13(3), 254. https://doi.org/10.20473/jmtt.v13i3.19967
Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk Dan Merek. Planning and Strategy. Penerbit Qiara Media.
Hadi, R. K., & Arianto, N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt. Outletz Worldwide Indonesia. Jurnal ARASTIRMA Universitas Pamulang, 2(2), 277–285.
Haeruddin, M. I. W. (2021). The Influence of Brand Equity on Consumer’s Purchase Decision: A Quantitative study. Pinisi Discretion Review, 4(2), 211–218.
Hardianto, B. (2021). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Starbucks Coffee Di Malang City Point (Studi Pada Konsumen Starbucks Coffee di Malang City Point).
Harwani, Y. (2020a). Keputusan Pembelian Konsumen Gerai Makanan Cepat Saji Ditinjau dari Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Iklan (Consumer Purchasing Decisions on Fast Food Booth Based on Product Quality, Price Perception and Advertising). Business Economic, Communication, and Social Sciences), 2(3), 285–291.
Harwani, Y. (2020b). Keputusan Pembelian Konsumen Gerai Makanan Cepat Saji Ditinjau dari Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Iklan (Consumer Purchasing Decisions on Fast Food Booth Based on Product Quality, Price Perception and Advertising). Business Economic, Communication, and Social Sciences), 2(3), 285–291.
Igir, G. F., Tampi, J., & Taroreh, H. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Grand Max Pick Up (Studi pada PT. Astra International Tbk Daihatsu Cabang Malalayang). In Jurnal Administrasi Bisnis (Vol. 6, Issue 2).
Ikhtiasari, S. D. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Richeese Factory. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 1–16.
Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto. Maker: Jurnal Manajemen, 6(1), 31–42. http://www.maker.ac.id/index.php/maker
Kotler, P., & Armstrong, G. (2017). Principles of Marketing (Seventeenth). Pearson Education Limited.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (S. Wall, E. Adams, S. Jackson, & S. Ukil, Eds.; Fifthteenth, p. 692). Pearson Education Limited.
Mentari, J., Gandhy, A., Manalu, D. S. T., & Hardini, S. Y. K. (2020). Brand Equity and Purchase Decisions on French Fries Product in Indonesia. Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 16(2), 146–157. https://doi.org/10.33830/jom.v16i2.955.2020
Merentek, Y. F., Lapian, J., & Soegoto, A. S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Suasana Toko Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada KFC Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA, 5(2), 2839–2847.
Mukti, A., & Aprianti, K. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kedai Kirani Coffee. Jurnal Bina Manajemen, 10(1), 229–245.
Mulyadi, M. N. (2022). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Lapis Talas Kujang Bogor Untuk Keperluan Usaha Waralaba. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 10(3), 511-518. DOI: 10.37641/jimkes.v10i3.1539
Nasution, A. E., & Lesmana, M. T. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen(Studi Kasus pada Alfamart di Kota Medan). Seminar Nasional Vokasi Indonesia, 1, 83–88.
Naufal, A. R., & Magnadi, R. H. (2017). Pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Rahma Rahmi Collection). Diponegoro Journal of Management, 6(4), 1–9.
Novalia, I. C., & Muhtarom, A. (2020). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Cv. Boga Lestari. Jurnal Ekonomi Mahasiswa (JEKMA), 1(1), 1-13.
Noviyanti, I., Sunarsi, D., & Wijoyo, H. (2021). Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamart Cabang Cipondoh. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 4(1), 43–54. https://doi.org/10.32500/jematech.v4i1.1447
Pebrianti, W., Arweni, A., & Awal, M. (2020). Digital Marketing, e-WOM, Brand Awareness Dan Keputusan Pembelian Kopi Milenial. Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial, 11(1), 48–56. https://doi.org/10.35724/jies.v11i1.2848
Pinaraswati, S. O., & Farida, I. (2021). Analisis Keputusan Pembelian Fast Food Berdasarkan Kualitas Layanan, Harga Dan Kualitas Produksi Masa Pandemi. Jurnal Eksekutif, 18(2), 267–277.
Pinassang, A. W., & Rahardjo, S. T. (2017). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Toshiba Di Semarang. Diponerogo Journal Of Management, 6(4), 1–12. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Prayogo, K. D., & Sari, H. M. K. (2022). The Influence of Brand Equity, Price and Service Quality on Vapor Product Purchase Decisions. Indonesian Journal of Law and Economics Review, 16, 6–14. https://doi.org/10.21070/ijler.v15i0.783
Putri, N. B. T., & Indayani, L. (2023). Ekuitas Merek, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap KeputusanPembelian Makanan Cepat Saji di Sidoarjo. Indonesian Journal of Innovation Studies, 21, 6–14. https://doi.org/10.21070/ijins.v21i.771
Ramadani, M. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian di Toko Handphone. IQTISHADequity, 1(2), 36–46.
Ramdhani, B., & Nainggolan, B. M. (2022). Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian Di Richeese FactoryKemang Jakarta Selatan. Sinomika Journal, 1(3), 321–340. https://doi.org/10.54443/sinomika.v1i3.272
Rori, H., Anita, A. N., Mayang, T., Faisal, A., & B, H. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Ananda di Ciledug Kota Tangerang. Jurnal Perkusi Pemasaran, Keuangan & Sumber Daya Manusia, 2(3), 341–349.
Rustandi, D. P. P., & Sastika, W. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Brand Fashion Pull And Bear Di Bandung Tahun 2021. e-Proceeding of Applied Science, 7(6), 2523-2535
Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word Of Mouth, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2596. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i07.p07
Setiawan, B., & Rabuani, C. C. (2019). Pengaruh Iklan dan Endorser terhadap Brand Awareness Serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian. Jurnal Aplikasi Ekonomi, Akuntansi Dan Bisnis, 1(1), 001–015. https://doi.org/10.35212/277621
Siahainenia, S. ., Siahainenia, S. ., & Siahainenia, A. . (2023). Analisis Pengaruh Diferensiasi Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Hand & body Lotion Merek Vaseline di Kota Ambon. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 4697–4707. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/6452
Sinambela, E. A. (2017). Pengaruh Ekuitas Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kopi Bubuk Kemasan. GLOBAL, 01(02), 44–49.
Sunaryo, & Primaraga, S. (2019). Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Richeese Factory Plaza JABABEKA. Jurnal Ilmiah Manajemen Pemasaran, 1–15.
Sya’idah, E. H., Jauhari, T., Fauzia, I. N., & Safitri, M. N. (2020). Pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian. JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 5(2), 204–216. https://doi.org/10.32503/jmk.v5i2.1000
Thuy, N. Van, Anh, N. T. N., & Binh, N. T. X. (2022). Impact Of Brand Equity On Consumer Purchase Decision: A Case Study Of Mobile Retailer In Hochiminh City, Vietnam. Journal of Eastern European and Central Asian Research, 9(2), 229–239. https://doi.org/10.15549/jeecar.9i2.762
Tresna, P. W., Chan, A., & Herawaty, T. (2021). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Shopee). AdBispreneur, 6(1), 1. https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v6i1.26473
Trisnowati, D. K., & Nugraha, H. S. (2016). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Bengkel Pt. Astra International Tbk-Daihatsu Majapahit Semarang. Diponegoro Journal Of Social And Politic Of Science, 1–8. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/
Tua, G. V. M., Andri, & Andariyani, I. M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mesin Pompa Air Submersible Dab Decker Di Cv. Citra Nauli Electricsindo Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Multidisiplin. 1(4), 140-154.
Wiastuti, R. D., & Kimberlee, S. (2018). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian di Simetri Coffee RoasterPuri, Jakarta. Jurnal Pariwisata, 5(2), 133–146.
Widyawan, T. (2022). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Merek Indomie di Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik. Seminar Nasional Ilmu Terapan (SNITER) , 1–8.
Wulandari, H. P., & Subandiyah, A. E. (2022). Pengaruh Ulasan Produk, Harga Dan Pembayaran Non Tunai (Shopee paylater) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Market PlaceShopee di Yogyakarta. Jurnal Bisnis Manajemen Dan Akuntansi, 9(2), 80–93.
Wydyanto, W., dan Ilhamalimy, R. R. (2021). The Influence Of Service Quality And Product Quality On Purchase Decisions And Customer Satisfaction (Marketing Management Literature Review). Dinasti International Journal of Management Science, 3(2), 385-394. https://doi.org/10.31933/dijms.v3i2.1157
Yazid, I., & Hidayat, W. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Apotek K-24 Jl. Gadjah Mada Yogyakarta). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), 305–314.
Yulia, Arizona, N. D., & Wong, V. (2020). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Pada Keputusan Pembelian Smartphone I Phone XS Max Di Indonesia. Jurnal Produktivitas, 7, 10–22. www.openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/jp