PERAN KEPERCAYAAN MEMEDIASI PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP REPURCHASE INTENTION
PERAN KEPERCAYAAN MEMEDIASI PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP REPURCHASE INTENTION (Studi Pada Konsumen TikTok Shop di Kota Denpasar)
Abstract
Penggunaan TikTok Shop membutuhkan adanya kepercayaan dari konsumen. Kepercayaan konsumen sengat ditentukan oleh pengalaman konsumen, apabila konsumen memperoleh pengalaman yang baik tentunya akan memiliki kepercayaan yang tinggi. Dengan adanya pengalaman yang baik dan kepercayaan diharapkan konsumen dapat melakukan kegiatan pembelian ulang atas jasa atau produk yang telah dirasakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh customer experience terhadap kepercayaan, pengaruh customer experience dan kepercayaan secara parsial terhadap repurchase intention serta untuk mengetahui pengaruh secara tidak langsung customer experience terhadap repurchase intention melalui kepercayaan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 90 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Validitas, Uji Reabilitas, Uji Validitas dan Uji Sobel. Hasil penelitian membuktikan bahwa. (1) Customer experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention. (2) Customer experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan. (3) Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention, (4) Customer experience berpengaruh secara tidak langsung terhadap repurchase intention melalui kepercayaan konsumen. Implikasi penelitian ini adalah TikTok Shop diharapkan mampu untuk mempertahankan dan memperhatikan strategi yang dilakukan untuk membuat kepercayaan dan customer experience semakin baik guna meningkatkan repurchase intention.
Kata kunci: Customer Experience; Kepercayaan; Repurchase Intention.
Downloads
References
Afifah, N., & Abrian, Y. (2021). Pengaruh Customer Experience Terhadap Repurchase Intention Pada Coffe Shop V-COFFEE di Kota Padang. Jurnal Kajian Pariwisata dan Bisnis Perhotelan, 8(1), 57-86
APJII, B. (2020). Pengguna Internet Indonesia Hampir Tembus 200 Juta di 2019 – Q2 2020. https://blog.apjii.or.id/index.php/2020/11/09/siaran-pers-pengguna-internet-indonesia-hampir-tembus-200-juta-di-2019-q2-2020/
Ardhanari, M. (2016). Customer Satisfaction Pengaruhnya Terhadap Brand Preference Dan Repurchase Intention Private Brand. Jurnal Riset Ekonomi & Bisnis, 8(2), 58-69.
Astarina, I.G.G., Giantari, I.G.A.K., & Yasa. (2017). Peran Kepercayaan Memediasi Pengaruh Pengalaman Terhadap Niat Menggunakan Kembali Jasa Go-Jek di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(5), 2302-2019.
Dwigana, R. (2021). Pengaruh Kualitas Situs Website, Kepercayaan Konsumen, Dan Pengalaman Berbelanja Terhadap Minat Beli Ulang Di Situs Jual Beli Online OLX. Jurnal Informatika Kesatuan, 1(1), 1-15.
Dwipayana, B., & Sulistyawati, E. (2018). Peran Kepuasan Dalam Memediasi Pengaruh Kepercayaan Terhadap Niat Beli Ulang Pada Go-Food Di Feb Unud. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(10), 813-831.
Ghozali. (2013). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS (7th ed.)
Giantari, I.G.A.K., Rahayu, M., & Solimun. (2013). The Role of Perceived Behavioral Control and Trust as Mediator of Experience on Online Purchasing Intentions Relationship A Study on Youth in Denpasar City (Indonesia). International Journal of Business and Management Invention, 2(1), 30-38
Gunawan, F.A., & Diah.D. (2014). Analisis Pengaruh Iklan Televise Dan Endorser Terhadap Purchase Intention Pond’s Men Dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1-14.
Haryanto. (2020). Pemanfaatan Koleksi Kewirausahaan di Perguruan Tinggi melalui Entrepreneur Corner: Studi pada Perpustakaan Universitas Sebelas Maret. Jurnal IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia), 5(1), 217-224.
Hasan, A. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Jakarta: PT. Buku Seru.
Kompasiana. (2021). Tiktok Shop Bisa Bersaing dengan Si Orange? https://www.kompasiana.com/dianmutiafani/614920f306310e57322775d2/tiktok-Shop-bisa-bersaing-dengan-si-orange
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.
Kristianto P.H., & Shellyan, J. (2014). Peran Kepercayaan Merek Sebagai Variabel Mediasi Antara Karakteristik Merek Dengan Loyalitas Merek Produk Cinderamata Dagadu Djokdha. Jurnal Manajemen, 1(14), 1-14.
Kusumawati, I. P. D., & Sutopo. (2013). Analisis Pengaruh Customer Experience Terhadap Minat Beli Ulang. Diponogoro Journal of Management, 2(2), 109-117.
Lemon, K.N., & Verhoef, P. C. (2016). Understanding Customer Experience Throughout the Customer Journey. Journal Of Marketing, 80(6), 69-96.
Liu, Y., &, Tang, X. (2018). The effects of online trust-building mechanisms on trust and repurchase intentions. An Empirical Study on EBay, 31(3), 666-687.
Megantara, I.M.T., & Suryani, A. (2016). Penentu Niat Pembelian Kembali Tiket Pesawat Secara Online Pada Situs Traveloka.com. E-Jurnal Manajemen Unud 5(9), 5783-5810
Mohmed, A.S., Nurdiana, B.A., & Mohd, Z.J. (2013). The Impact of Trust and Past Experience on Intention to Purchase in E-Commerce. International Journal of Engineering Research and Development, 7(10), 28-35.
Murwatiningsih, & Apriliani, E. P. (2013). Pengaruh Resiko Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepercayaan Konsumen. Jurnal Dinamika Manajemmen, 4(2), 180-187.
Nangi, I., Yosafat., & S. I. P. Gde. (2015). Pengaruh Aplikasi Tam Dan Kepercayaan Terhadap Minat Mahasiswa Membeli Ulang Menggunakan E-Commerce Dalam Pembelian Produk Pakaian Dan Aksesoris. E-Jurnal Manajemen Unud, 4(7), 1771-1784.
Narahdita, P., A., Aisjah, S., & Kusniyah, N. (2020). Trust and perceived benefit as antecedents of reuse intention in mobile payment service. Jurnal Aplikasi Manajemen, 18(4), 682–691.
Parastanti, G.P., Srikandi, K., & Kadarisman, H. (2014). Pengaruh Prior Online Purchase Experience Terhadap Trust Dan Online Repurchase Intention. Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 16(1), 1-7.
Pertiwi, W.K. (2020). Mengenal Social Commerce, Fenomena Belanja lewat Media Sosial. https://tekno.kompas.com/read/2020/11/25/13300057/mengenal-socialcommerce-fenomena-belanja-lewat-media-sosial?page=all
Putri, T. C., & Gunawan, C. (2021). Pengaruh Keragaman Produk Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Online Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Sosial, 1(2), 56–65.
Prabandari, K.D, & Yasa, N.N.K. (2019). Peran Kepercayaan Memediasi Pengaruh Pengalaman Terhadap Niat Menggunakan Kembali Jasa Jne di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 8(2), 7660-7687.
Pramudita, Y.A., & Japrianto, E. (2013). Analisis Pengaruh CustomerValue dan Customer Experience terhadap Customer Satisfaction di De Kasteel Resto Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. 1 (1): 1-7
Prastyaningsih, A.S., Suyadi, I., & Edy. Y. (2014). Pengaruh Customer Experience Terhadap Repurchase Intention. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 16 (1).
Preacher, K. J., & Hayes, A. F. (2008). Asymptotic and resampling strategies for assessing and comparing indirect effects in multiple mediator models. Behavior Reserch Method, 40(3). 879-891.
Putra., & Pramudana. (2021). The Role of Trust Mediates Effect of Customer Experience on Repurchase Intention. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(1), 80-85.
Rahyuda, K. (2020). Metode Penelitian Bisnis: Base of The Research Pyramid. CV Sastra Utama.
Riduwan., & Kuncoro. (2011). Cara Menggunakan Dan Memakai Path Analysis (Analisis Jalur). Alfabeta.
Rizanata, F. M. (2014). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Terhadap Word of Mouth, Niat Beli Dan Retensi Pelanggan Gerai Indomaret Di Surabaya. Journal Of Business and Banking, 4(1).31-42.
Rahmawati, A. P., Prihastuty, R., & Azis, A. (2018). Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Repurchase Intention. Intuisi Jurnal Psikologi Ilmiah, 10(3), 293–298.
Ratih, P. A. R., & Rahanatha, G. B. (2020). The Role of Lifestyle in Moderating 45 the Influence of Sales Promotion and Store Atmosphere on Impulse Buying at Starbucks. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 4(2), 19–26.
Samaraweera, G. C. (2016). Effect of consumerbased brand equity on purchase intention of the crisis brand: moderating role of peer recommendation. IR South Eastern University, 85-90.
Saputra, S., & Zai, K. Y. (2022). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Niat Beli Kembali, pada pengguna E-commerce di Kota Batam. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(2), 129–140. Retrieved from
https://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/seiko/article/view/2144
Sari, N., Saputra, M., & Husein, J. (2017). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online Bukalapak.Com. Jurnal Manajemen Magister, 03(01), 96–106.
Schiffman., & Kanuk. (2015). Consumer Behavior. 11th Edition (Global Edition).
Siagian, H., & Cahyono, E. (2014). Analisis website quality, trust dan loyalty pelanggan online Shop. Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(2).55-61.
Sirclo. (2020). SIRCLO Rilis Laporan Tren Perkembangan Industri E-Commerce dan Harbolnas di Indonesia Saat Pandemi. https://www.sirclo.com/blog/sirclo-rilis-laporan-tren-perkembangan-industri-e-commerce-dan-harbolnas-di-indonesia-saat-pandemi/
Sonia, P., & Devi, C. (2018). Peran Customer Satisfaction Memediasi Pengaruh Online Trust Terhadap Repurchase Intention (Studi pada Konsumen Florist Online di Kota Denpasar). E-Jurnal Manajemen, 7(6). 2856–2886.
Suandana, N. P. W., Rahyuda, K., & Yasa, N. N. K. (2016). Pengaruh pengalaman membeli produk fashion terhadap niat membeli kembali melalui kepuasan dan kepercayaan pelanggan. Jurnal Manajemen Pemasaran Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra., 8(2). 85-97
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta.
Sunawarman, A., Rohendi, A., & Sodyan, I. (2018). Membangkit Spontanitas Belanja Pada Supermarket Melalui Promosi, Pramuniaga dan Atmosfer Toko. Ecodemica, 2(1), 1–11.
Suryani I & Syafarudin A. (2021). Effect Of Sales Promotion on Purchasing Decisions. Ilomata International Journal of Tax & Accounting (IJTC), 2(2), 122-133.
Suryati, L. (2021). Pengaruh Strategi Promosi melalui Sosial Media terhadap Keputusan Pembelian di Cafe 38 Coffee Lab yang dimediasi electronic word of mouth marketing. Literasi Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 104– 119.
Sutanto, M. A., & Aprianingsih, A. (2016). he Effect of Online Consumer Review Toward Purchase Intention: a Study in Premium cosmetic in Indonesia. International Conference on Ethics of Business, Economics, and Social Science, 53(2), 1689–1699.
Sutrisno, I., & Darmawan, D. (2022). Pengaruh Promosi Penjualan, Diversifikasi Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Kewirausahaan, 2(1), 1-12
Wearesocial. (2021). Digital 2021: The Latest Insights Into the ‘State of Digital.’ https://wearesocial.com/uk/blog/2021/01/digital-2021-the-latest-insights-into-the-state-of-digital/
Wiguna, P. A. M., Giantari, I.G.A., & Ekawati, N. W. (2018). Peran Kepercayaan Memediasi Pengaruh Pengalaman Terhadap Niat menggunakan Kembali. Jurnal Manajemen Unud. 6(5), 2308-2334
Wong, Y.W., & W. Y. (2017). The effects of perceived organisational support and affective commitment on turnover intention. Journal of Chinese Human Resources Management, 8(1).
Yolandari, N.L.D., & Kusumadewi, N.M.W. (2018). Pengaruh Pengalaman Pelanggan dan Kepercayaan Terhadap Niat Beli Ulang Secara Online Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Situs Online Berrybenka. Com). E-Jurnal Manajemen, 7(10), 5343-5378