PENGARUH E-LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DI KOTA DENPASAR PADA ERA SOCIETY 5.0

  • Ni Luh Putu Surya Astitiani Universitas Bali Internasional
  • Ni Made Widnyani Universitas Bali Internasional
  • Putu Febri Candra Dewi Universitas Bali Internasional

Abstract

Berkembangnya era revolusi industri 5.0 tentunya berdampak dalam dunia pendidikan. Perubahan yang dibuat bukan hanya cara mengajar, namun yang terpenting adalah perubahan dalam perspektif konsep pendidikan itu sendiri. Oleh karena itu, pengembangan kurikulum untuk saat ini dan masa depan harus melengkapi kemampuan mahasiswa dalam dimensi pedagogik, keterampilan hidup, kemampuan untuk hidup bersama (kolaborasi) dan berpikir kritis dan kreatif. Pembelajaran berpusat kepada mahasiswa (student-centered learning), dengan kolaborasi pembelajaran (collaborative learning), serta terintegrasi dengan masyarakat adalah hal yang perlu dipertimbangkan oleh kampus dan pengajar dalam menyelenggarakan proses pembelajaran yang mampu mengarahkan dan membentuk karakter mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh E-Learning berbasis Google Clasroom terhadap Motivasi Belajar mahasiswa di Kota Denpasar pada era Society 5.0. Penelitian ini berbentuk kuantitatif yang bersifat kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif di Kota Denpasar dengan sampel diperoleh yaitu 220 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ELearning berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa pada di Kota Denpasar. Penerapan E-Learning yang tepat merupakan kunci dalam kaitannya dengan motivasi belajar mahasiswa di Kota Denpasar. Maka, sangat baik untuk pada pengajar memanfaatkan E-Learning sebagai perangkat standar dalam pengajaran mahasiswa.


 


The development of the 5.0 industrial revolution era certainly had an impact on the world of education. The changes made are not only in the way of teaching, but what is most important is the change in the perspective of the concept of education itself. Therefore, curriculum development for now and in the future must complement students' abilities in pedagogic dimensions, life skills, ability to live together (collaboration) and think critically and creatively. Student-centered learning, collaborative learning, and integration with the community are things that need to be considered by campuses and teachers in organizing learning processes that are able to direct and shape student character. The purpose of this study was to determine the effect of Google Classroom-based E-Learning on the Learning Motivation of students in Denpasar City during the Society 5.0 era. This research is in the form of quantitative causality. The population in this study were all active students in Denpasar City with a sample of 220 respondents. The data analysis technique used is simple linear regression analysis. The results of the study show that E-Learning has a positive and significant effect on student learning motivation in the city of Denpasar. Appropriate application of E-Learning is key in relation to student learning motivation in Denpasar City. So, it is very good for teachers to use E-Learning as a standard tool in teaching students.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Lalu Usman dan Muhammad zaini. (2021). Pemanfaatan Program Aplikasi GGoogle Classroom sebagai upaya meningkatkan motivasi dan prestasi belajar mahamahasiswa pada perkuliahan dasar-dasar kependidikan. Society Jurnal Jurusan Tadris IPS. Volume 11, Nomor 1 Juni 2020.
Alvianto, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam Dalam Situasi Pandemi Covid-19. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 13. https://doi.org/10.30659/jpai.3.2.13-26
Anggoro, W., B., (2005).Penerapan E-learning sebagai Langkah Universitas Islam Indonesia Meningkatkan Kualitas dan Efektivitas Penyelenggaraan Pendidikan Konvensional. Lomba Karya Tulis Ilmiah. Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.
Bloomsburg. (2006). E-Learning Concepts and Techniques. E Book. Institute for Interactive Technologies. USA: Bloomsburg University of Pennsylvania
Darin, E. A. (2001). Selling E-Learning, American Society for Training and Development.Deviyanti, Ekawarna, dan Yantoro.(2020). Pengembangan Media E-Learning Berbasis Google Classroom untuk Meningkatkan Hasil belajar mahasiswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di SMA Unggul Sakti Jambi. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu sosial.Vol.1.Issue 1.hal.303-316.Januari 2020
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Kampus Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan,2(1), 55–61. https://doi.org/https://edukatif.org/index.php/edukatif/index.
Dimyati dan Mudjiono. (2009). Balajar dan Pembelajaran. Jakarta: DepdikbudEllis, Ryann K. (2009). Field Guide to Learning Management Systems, ASTD Learning Circuits.
Elyas, Ananda Hadi. (2018). "Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran." Jurnal Warta Dharmawangsa 56.
Gartika Rahmasari dan Rita Rismiati. (2013). e-learning Pembelajaran Jarak Jauh di SMA.Bandung: Penerbit Yrama Widya.
Ghozali, Imam. (2011). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro..
Glossary of e-Learning Terms. (2001). LearnFrame.Com.
Hakim, A.B.(2005). Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom dan Edmodo. In Jurnal I-Statement Stimik ESQ (Vol. 1, Issue 2, pp.1-6)
Hamalik, Oemar. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara. Hammi, Z.(2017). Implementasi Google Classroom Pada Kelas XI IPA MAN 2 Kudus.87
Harandi, S.R. (2015). Effects of E-Learning on Students' Motivation. 3rd International Conference on Leadership, Technology and Innovation Management. Procedia -Social and Behavioral Sciences181 (2015) 423 –430
Horton, W. (2003). Penggunaan E-learning Sebagai Media Pembelajaran.Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1-15http://journal.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jsi/article/view/52. Kamarga.(2000). Sistem E-Learning.Jakarta: Salemba Empat.
Kumar, C, K. J. (2002).Aplikasi E-Learning dalam Pengajaran dan pembelajaran di Sekolah Malasyia.(8 November 2002).
Lin, M, H., Chen, H. C., & Liu, K. S. (2017). A study of the effect of digital learning on learning motivation and learning outcome. Eurasia Journal Of Mathematics And Technology Education,13(7), 3553-3564. Terdapat pada https://doi.org/10.12973/eurasia.2017. 00744a.
Maharani, N., & Kartini, K.S. (2019). Penggunaan Google Classroom sebagai pengembangan kelas virtual dalam keterampilan pemecahan masalah topik kinematika pada mahamahasiswa jurusan sistem komputer. Pendipa Journal Of Science Education,3(3), 167-173. https://doi.org/10.33369/pendipa.3.3.167-173
Mu’minah, I. H., & Gaffar, A. A. (2020). Optimalisasi Penggunaan Google Classroom Sebagai Alternatif Digitalisasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj). Bio Education : (The Journal of Science and Biology Education), 5(2), 23–36. https://doi.org/10.31949/be.v5i2.2610
Naidu, Som. (2005). Learning & Teaching With Technology. Taylor & Francis e-Library
Nurcahya, R. (2020). Efektifitas Penggunaan Google Classroom dan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Gambar Teknik di SMK Pekerjaan Umum. Tesis.Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Universitas Pendidikan Indonesia
Onno, P. W. (2002). E-Learning berbasis PHP dan MySQL,Penerbit Elex Media Komputindo, Jakarta.
Pritasari, A,C., & Jumadi (2018). Development of Science Learning Tool Based on Problem Based Leranng with Google Classroom to Improve Argumentation Skill. Biosaintifika: Journal of Biology &Biology Education,q0 (2), 348-355.
Sardiman AM. (2016).Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Press
Sewang, Anwar.(2017). Keberterimaan Google Classroom Sebagai Alternatif Peningkatan Mutu
Sohibun, & Ade, F.Y.(2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Class Berbantuan Google Drive. Tadris Jurnal Kependidikan dan ilmu Tarbiyah.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV
Sulisworo, D., & Dahlan, A. (2017). Dampak pembelajaran E-Learning terhadap motivasi pada pembelajaran fisika di kampus kejuruan, Jurnal Berkala Fisika Indonesia,9(1), 1-7. Terdapat pada http://journal.uad.ac.id/index.php/BFI/a rticle/view/6658
Terry, R. George. (2003). Prinsip-Prinsip Manajemen.Terjemahan J. Smith. D.F.M.
Waller, Vaughan and Wilson, Jim. (2001). A Definition for E-Newsletter of Open and Distance Learning Quality Control.October 2001.(sumber dari internet: 16 September 2005 http://www. odlqc.org.uk/odlqc/n19-e.html). Yahiaoui, F., Aichouche, R., Chergui, K., Brika, S.K.M., Almezher, M., Musa, A.A., Lamari, I.A. (2022). The Impact of E-Learning Systems on Motivating Students and Enhancing Their Outcomes During COVID-19: A Mixed-Method Approach.Educational Psychology.Volume 13 –2022 |https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.874181
Published
2023-08-01
How to Cite
ASTITIANI, Ni Luh Putu Surya; MADE WIDNYANI, Ni; FEBRI CANDRA DEWI, Putu. PENGARUH E-LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DI KOTA DENPASAR PADA ERA SOCIETY 5.0. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 12, n. 7, p. 712 - 732, aug. 2023. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/103191>. Date accessed: 09 may 2025. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2023.v12.i07.p04.
Section
Articles