PENGARUH E-LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DI KOTA DENPASAR PADA ERA SOCIETY 5.0
Abstract
Berkembangnya era revolusi industri 5.0 tentunya berdampak dalam dunia pendidikan. Perubahan yang dibuat bukan hanya cara mengajar, namun yang terpenting adalah perubahan dalam perspektif konsep pendidikan itu sendiri. Oleh karena itu, pengembangan kurikulum untuk saat ini dan masa depan harus melengkapi kemampuan mahasiswa dalam dimensi pedagogik, keterampilan hidup, kemampuan untuk hidup bersama (kolaborasi) dan berpikir kritis dan kreatif. Pembelajaran berpusat kepada mahasiswa (student-centered learning), dengan kolaborasi pembelajaran (collaborative learning), serta terintegrasi dengan masyarakat adalah hal yang perlu dipertimbangkan oleh kampus dan pengajar dalam menyelenggarakan proses pembelajaran yang mampu mengarahkan dan membentuk karakter mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh E-Learning berbasis Google Clasroom terhadap Motivasi Belajar mahasiswa di Kota Denpasar pada era Society 5.0. Penelitian ini berbentuk kuantitatif yang bersifat kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif di Kota Denpasar dengan sampel diperoleh yaitu 220 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ELearning berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa pada di Kota Denpasar. Penerapan E-Learning yang tepat merupakan kunci dalam kaitannya dengan motivasi belajar mahasiswa di Kota Denpasar. Maka, sangat baik untuk pada pengajar memanfaatkan E-Learning sebagai perangkat standar dalam pengajaran mahasiswa.
Kata kunci: E-Learning; Google Classroom; Motivasi belajar