PERAN BIAS PERILAKU DALAM MEMEDIASI PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN FAKTOR SOSIODEMOGRAFI TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI SAHAM

  • Nyoman Devi Novita Sri Jayati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Gst. Bgs. Wiksuana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Made Jatra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Investasi merupakan kegiatan ekonomi yang melibatkan penanaman modal secara langsung maupun tidak langsung, sehingga pemiliki modal memiliki kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari modal yang diamankan dimasa yang akan datang. Penelitian dilakukan untuk mengetahui peran yang diimiliki oleh bias perilaku dalam memediasi faktor-faktor pengambilan keputusan investasi saham. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh investor saham di Kota Denpasar, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden berdasarkan teknik purposive sampling. SEM PLS adalah teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan aplkasi SmartPLS 4.0. Berdasarkan analisis di atas, didapatkan hasil bahwa literasi keuangan, faktor sosiodemogafi, serta bias perilaku berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan investasi saham. Literasi keuangan dan faktor sosiodemografi dapat memepengaruhi bias perilaku investor. Sedangkan, pengaruh literasi keuangan dan faktor sosiodemografi terhadap keputusan investasi tidak dapat pengaruhi oleh bias perilaku secara tidak langsung. Dari penelitian ini, terlihat bahwa dalam membuat keputusan investasi saham, investor Kota Denpasar sudah mempertimbangkan literasi keuangan, faktor sosiodemografi, dan bias perilaku agar terhindar dari risiko investasi.


Kata kunci: Bias Perilaku; Literasi keuangan; Faktor Sosiodemografi; Keputusann Investasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-08-30
How to Cite
JAYATI, Nyoman Devi Novita Sri; WIKSUANA, I Gst. Bgs.; JATRA, I Made. PERAN BIAS PERILAKU DALAM MEMEDIASI PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN FAKTOR SOSIODEMOGRAFI TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI SAHAM. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 12, n. 8, p. 778 - 797, aug. 2023. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/102944>. Date accessed: 09 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2023.v12.i08.p02.
Section
Articles