PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL, MOTIVASI KERJA, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PERANGKAT DESA DI KECAMATAN SUKAWATI GIANYAR

  • I Wayan Pasek Ari Sedana Udayan University
  • I Gede Riana Universitas Udayana

Abstract

Instansi pemerintahan desa memiliki peranan yang penting dalam pelaksanaan programprogram pemerintah. Perangkat desa sebagai pembantu Kepala desa dalam menjalankan pemerintahan desa haruslah dikelola dengan baik agar mencapai kinerja maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan transaksional, motivasi kerja, dan disiplin kerja terhadap kinerja perangkat desa di Kecamatan Sukawati Gianyar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perangkat desa di Kecamatan Sukawati Gianyar sejumlah 188 orang pegawai, Penelitian ini menggunakan probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 128 orang pegawai. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transaksional tidak berpengaruh terhadap kinerja perangkat desa. Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perangkat desa. Disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perangkat desa. Penelitian ini memberikan implikasi bagi pimpinan masing-masing perangkat desa di Kecamatan Sukawati Gianyar untuk dapat mempertahankan kinerja pegawai dengan memperhatikan faktor kepemimpinan, motivasi, disiplin dari setiap pegawai.


Kata Kunci: Kepemimpinan Transaksional, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, Kinerja Pegawai

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-06-30
How to Cite
ARI SEDANA, I Wayan Pasek; RIANA, I Gede. PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL, MOTIVASI KERJA, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PERANGKAT DESA DI KECAMATAN SUKAWATI GIANYAR. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 12, n. 6, p. 562 - 581, june 2023. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/101233>. Date accessed: 10 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2023.v12.i06.p02.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>