PENGARUH WORK FAMILY CONFLICT TERHADAP TURNOVER INTENTION YANG DIMEDIASI OLEH BURNOUT PADA PEREMPUAN PASCA PANDEMI COVID – 19

Bahasa Indonesia

  • Putu Ari Pertiwi Sanjiwani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Sucipta Wibawa
  • I Komang Suryadnya Diputra

Abstract

Perempuan mempunyai peran ganda sebagai ibu rumah tangga dan pencari nafkah. Hal ini sering menimbulkan konflik bagi keluarga dan pekerjaannya sehingga mempertimbangkan untuk keluar dari pekerjaan. Selain itu dengan peran gandanya menimbulkan adanya kelelahan yang berkepanjangan. Riset ini bertujuan untuk mengetahui hubungan work family conflict terhadap turnover intention yang dimediasi oleh burnout pada perempuan yang sudah menikah dan bekerja. Penelitian dilaksanakan di Kabupaten Gianyar dengan kriteria perempuan yang sudah menikah dan bekerja. Jumlah sampel ialah 112 orang responden. Teknik analisis menerapkan SEM (Structural Equation Model) dengan pendekatan PLS, dan uji VAF untuk menguji efek mediasi. Hasil penelitian memperlihatkan work family conflict memengaruhi positif terhadap burnout, work family conflict tidak memengaruhi secara langsung terhadap turnover intention, burnout terbukti dapat memediasi hubungan work family conflict terhadap turnover intention, dan burnout memengaruhi positif terhadap turnover intention.


Kata Kunci: Work Family Conflict; Burnout; Turnover Intention; Teori Perilaku

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-06-30
How to Cite
SANJIWANI, Putu Ari Pertiwi; WIBAWA, I Wayan Sucipta; DIPUTRA, I Komang Suryadnya. PENGARUH WORK FAMILY CONFLICT TERHADAP TURNOVER INTENTION YANG DIMEDIASI OLEH BURNOUT PADA PEREMPUAN PASCA PANDEMI COVID – 19. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 12, n. 6, p. 542 - 561, june 2023. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/101100>. Date accessed: 10 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2023.v12.i06.p01.
Section
Articles