Hubungan Karakteristik Demografi dengan Perilaku Keluhan Konsumen Nasabah Bank Swasta di Kota Denpasar

  • Ida Ayu Pradnyani Utami Manuaba Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Gede Ketut Warmika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini mengenai hubungan karateristik demografi dengan perilaku keluhan konsumen pada nasabah bank swasta di Kota Denpasar. Perbankan swasta harus memperhatikan perbedaan perilaku keluhan yang berhubungan dengan nasabah bank. Karakteristik demografi memiliki peran penting dalam menentukan perilaku keluhan nasabah bank. Responden penelitian ini adalah nasabah bank yang pernah memiliki keluhan kepada bank swasta terkait. Responden yang ditentukan berdasarkan metode purposive sampling berjumlah 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis asosiatif, chi-square, dan koefisien kontingensi. Hasil penelitian menemukan bahwa usia, tingkat pendapatan dan tingkat pendidikan memiliki hubungan yang signifikan dengan perilaku keluhan konsumen, sedangkan jenis kelamin tidak memiliki hubungan yang signifikan. Saran untuk perbankan swasta di Kota Denpasar adalah hendaknya lebih memperhatikan perilaku keluhan konsumen pada masing-masing karakteristik demografi karena akan berdampak pada hubungan jangka panjang dengan nasabah bank.

 

Kata kunci: Karakteristik Demografi, Perilaku Keluhan Konsumen

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-12-10
How to Cite
PRADNYANI UTAMI MANUABA, Ida Ayu; WARMIKA, Gede Ketut. Hubungan Karakteristik Demografi dengan Perilaku Keluhan Konsumen Nasabah Bank Swasta di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 3, n. 12, dec. 2014. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/10073>. Date accessed: 19 nov. 2024.
Section
Articles

Keywords

Karakteristik Demografi, Perilaku Keluhan Konsumen