Rancang Bangun Sistem Pilkades Menggunakan Teknologi Smart Card Sebagai Kartu Pemilih

Main Article Content

I Putu Indra Permana I Ketut Gede Darma Putra I Gusti Made Arya Sasmita

Abstract

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) merupakan proses yang tidak terpisahkan dari Negara Indonesia sebagai negara demokrasi. Pilkades saat ini masih menggunakan sistem pemungutan suara (voting) secara konvensional, menggunakan media kertas untuk melakukan proses pemilihan. Pelaksanaan sistem voting konvensional tersebut mempunyai banyak kelemahan seperti menghitung hasil voting relatif lebih lama dan menggunakan perhitungan manual. Perkembangan dan kemajuan teknologi informasi saat ini dapat dimanfaatkan untuk mendukung pelaksanaan voting Pilkades secara lebih baik yang menjadi solusi cerdas akan kemajuan teknologi yang dapat menggantikan sistem voting konvensional, yaitu dengan media sistem elektronik voting (e-voting) menggunakan teknologi smart card sebagai kartu pemilih. Sistem dikemas dalam bentuk aplikasi yang dipasang/di-install pada komputer dan reader/writer tools sebagai media untuk membaca/menulis pada smart card. Sistem e-voting Pilkades dengan teknologi smart card telah berhasil dijalankan dan menghasilkan dashboard hasil voting Pilkades dengan menunjukkan jumlah voting dalam bentuk angka, persentase (%), grafik dan diagram.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
INDRA PERMANA, I Putu; PUTRA, I Ketut Gede Darma; SASMITA, I Gusti Made Arya. Rancang Bangun Sistem Pilkades Menggunakan Teknologi Smart Card Sebagai Kartu Pemilih. Lontar Komputer : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, [S.l.], p. 83-92, aug. 2016. ISSN 2541-5832. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/lontar/article/view/21312>. Date accessed: 22 may 2019. doi: https://doi.org/10.24843/LKJITI.2016.v07.i02.p02.
Keywords
Pemilihan Kepada Desa (Pilkades); E-Voting; Smart Card; Reader/Writer Tool; Teknologi Informasi
Section
Articles

References

[1] A. Rokhman, “Prospek dan tantangan penerapan e-voting di indonesia,” in Seminar Nasional Peran Negara dan Masyarakat dalam Pembangunan dan Masyrakat Madani di Indonesia, 2011, pp. 1–11.
[2] S. Canard and H. Sibert, “How To Fit Cryptographic E-Voting Into Smart Cards,” in IOS Press, 2011.
[3] “Jembrana Voting” [Online]. Available: http://www.jembranakab.go.id/index.php?module=e-voting [diakses tanggal 1 Februari 2016].
[4] Advance Card System, ACR120S Contactless Reader/Writer Communication Protocol. 2006.
[5] C. I. Kurnia, H. Tanuwijaya, and T. Sagirani, “Rancang Bangun Sistem Informasi Food Crount pada Pusat Pembelanjaan Smart Surabaya,” Jurnal Sistem Informasi, vol. 2, no. 2, 2013.