KETERAMPILAN MENULIS WACANA ARGUMENTASI BERBAHASA INGGRIS DENGAN METODE ESA PADA MAHASISWA LEVEL POST INTERMEDIATE DI STIE TRIATMA MULYA

  • I Made Agung Rai Antara Universitas Mahasaraswati
  • I Nyoman Sedeng Universitas Udayana
  • A.A. Putu Putra Universitas Udayana

Abstract

Artikel ini berjudul “Keterampilan Menulis Wacana Argumentasi Berbahasa Inggris dengan Metode ESA pada Mahasiswa Level Post Intermediate di STIE Triatma Mulya”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kemampuan menulis wacana argumentasi pada mahasiswa STIE Triatma Mulya dan (2) faktor-faktor penghambat mahasiswa dalam menulis wacana argumentasi. Penelitian ini menggunakan teori pembelajaran dan pengajaran bahasa yang dikemukakan oleh Brown (2007) sebagai teori utama. Data-data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik yang digunakan, yaitu check list, catat, rekam, dan tes tulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa dalam menulis wacana argumentasi mengalami peningkatan sebesar 4,14 %. Aspek-aspek yang mengalami peningkatan dalam tulisan mahasiswa adalah alat-alat kohesi gramatikal, ketepatan kata, dan mekanik. Namun, kategori tata bahasa masih memerlukan perhatian lebih banyak. Hal ini ditunjukkan oleh penurunan kemampuan mahasiswa dalam menggunakan tata bahasa sebesar 0,34 %. Faktor-faktor yang menghambat mahasiswa dalam menulis wacana argumentasi adalah jenis tulisan itu sendiri, tata bahasa, dan pilihan kata.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-01-10
How to Cite
ANTARA, I Made Agung Rai; SEDENG, I Nyoman; PUTRA, A.A. Putu. KETERAMPILAN MENULIS WACANA ARGUMENTASI BERBAHASA INGGRIS DENGAN METODE ESA PADA MAHASISWA LEVEL POST INTERMEDIATE DI STIE TRIATMA MULYA. Linguistika: Buletin Ilmiah Program Magister Linguistik Universitas Udayana, [S.l.], v. 22, jan. 2015. ISSN 2656-6419. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/linguistika/article/view/14002>. Date accessed: 01 feb. 2023.
Section
Articles

Keywords

wacana argumentasi, engage, study , and activate, tata bahasa, dan pilihan kata