Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  • If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.

Author Guidelines

PEDOMAN BAGI PENULIS

JURNAL LINGUISTIKA

 

  1. Jurnal Linguistika adalah jurnal yang memuat artikel ilmiah dalam bidang linguistik, baik linguistik mikro, linguistik makro, maupun linguistik terapan. Artikel yang dikirim dapat berupa hasil penelitian atau artikel yang setara dengan hasil penelitian di bidang linguistik, seperti  critical review.
  2. Artikel harus asli (belum pernah dipublikasikan) dan ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris yang baik dan benar. Artikel yang sudah pernah disajikan, baik dalam seminar nasional maupun internasional hendaknya disertai dengan catatan kaki.
  3. Artikel yang dikirim hendaknya memenuhi format penulisan berikut ini.
    1. Artikel ditulis dalam spasi ganda di atas kertas A4 dengan menggunakan Times New Roman sebesar 12 pt. Margin dalam keempat sisi masing-masing 2 cm dengan panjang naskah 5000 kata.
    2. Nomor halaman diletakkan di bagian tengah bawah.
    3. Upayakan gambar dan tabel diletakkan di bagian belakang.
  4. Tata cara penulisan artikel hasil penelitian disusun menurut aturan sebagai berikut: judul, identitas penulis, abstrak, pendahuluan, metode penelitian, pembahasan, simpulan, ucapan terima kasih, dan daftar pustaka.
    1. Judul: singkat dan jelas ditulis dengan huruf besar.
    2. Identitas Penulis: Nama ditulis lengkap (tidak disingkat) tanpa gelar. Alamat penulis ditulis di bawah nama penulis, mencakup lembaga, dan alamat lengkap dengan nomor telepon/faksimili dan alamat e-mail. Bila penulis lebih dari satu orang dengan alamat instansi yang berbeda, di belakang setiap nama diberi indeks atau angka arab. Alamat korespondensi diwakili oleh satu orang penulis.
    3. Abstrak: abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris maksimal 150-200 kata. Jika artikel ditulis dalam bahasa Indonesia, abstraknya yang berbahasa Indonesia diletakkan terlebih dahulu demikian juga sebaliknya. Abstrak harus dilengkapi ringkasan naskah, mencakup seluruh kata kunci yang diurut berdasarkan kepentingannya. Abstrak harus menggambarkan ringkasan artikel dan mencakup seluruh tulisan. Penggunaan singkatan dalam abstrak tidak diperbolehkan.
      1. Pendahuluan: memuat latar belakang yang dilandasi oleh hasil kajian pustaka yang mutakhir, masalah, tujuan, dan manfaat penelitian.
      2. Metode penelitian: penelitian yang berupa hasil penelitian harus mencantumkan metode penelitian, sedangkan untuk yang nonhasil penelitian diperbolehkan tidak mencantumkan metode penelitian. Metode penelitian hendaknya diuraikan secara rinci dan jelas.
      3. Pembahasan: disajikan dengan menjelaskan hasil penelitian berdasarkan permasalahan.
      4. Simpulan: disajikan dalam ruang tersendiri, terpisah dari pembahasan yang mencakup temuan penelitian dan saran pengembangan bidang ilmu.
      5. Ucapan terima kasih: ucapan terima kasih tidak wajib disajikan. Umumnya, ucapan terima kasih disampaikan kepada pemberi dana penelitian. Selain itu, ucapan terima kasih dapat juga ditujukan kepada lembaga atau perseorangan yang telah membantu penelitian atau proses penulisan ilmiah.
      6. Daftar pustaka: disusun secara alfabetis menurut nama dan tahun terbit. Singkatan majalah/jurnal berdasarkan tata cara yang dipakai oleh setiap jurnal. Penggunaan buku acuan yang disarankan sepuluh tahun terakhir.

Contoh penulisan daftar pustaka:

Jurnal/Majalah:

Haryono, Akhmad. 2011. “Perubahan dan Perkembangan Bahasa: Tinjauan Historis dan Sosiolinguistik” dalam Jurnal Linguistika Volume 18 No.35. Denpasar: Program S2 dan S3 Linguistik, Program Pascasarjana Universitas Udayana.

 

Buku

Dixon, R.M.W.2011. Basic Linguistic Theory: Grammatical Topics Volume 2. New York: Oxford University Press.

 

Bab dalam Buku

Hibiya, Junko. 2010. “Variationist Sociolinguistics” dalam Natsuko Tsujimura (Ed.). The Handbook of Japanese Linguistics. Australia: Blackwell Publishing.

 

Abstrak

Yayuk, Rissari. 2010. “Bahasa Banjar secara Konstekstual.” Abstract 5th International Seminar On Austronesian Languages and Literatures,  Program S2 dan S3 Linguistik, Program Pascasarjana Universitas Udayana, 19-20 Juli .

 

Prosiding Konferensi

Satyawati, Made Sri. 2010. “Cara Bahasa Bima Mengungkapkan Valensi.” Abstract 5th International Seminar On Austronesian Languages and Literatures,  Program S2 dan S3 Linguistik, Program Pascasarjana Universitas Udayana, 19-20 Juli .

 

Tesis/Disertasi

Parwati, Sang Ayu Putu Eny. 2011. “Kebertahanan Bahasa Bali Komunitas Remaja Kuta, Badung”. Tesis. Denpasar: Universitas Udayana.

 

  1. Tata cara penulisan artikel non-penelitian  disusun menurut aturan sebagai berikut: judul, identitas penulis, abstrak, pendahuluan, pembahasan, simpulan, ucapan terimakasih,  dan daftar pustaka.
    1. Judul: singkat dan jelas ditulis dengan huruf besar.
    2. Identitas Penulis: Nama ditulis lengkap (tidak disingkat) tanpa gelar. Alamat penulis ditulis di bawah nama penulis, mencakup lembaga, dan alamat lengkap dengan nomor telepon/faksimili dan alamat e-mail. Bila penulis lebih dari satu orang dengan alamat instansi yang berbeda, di belakang setiap nama diberi indeks atau angka arab. Alamat korespondensi diwakili oleh satu orang penulis.
    3. Abstrak: abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris maksimal 150-200 kata. Jika artikel ditulis dalam bahasa Indonesia, abstraknya yang berbahasa Indonesia diletakkan terlebih dahulu demikian juga  sebaliknya. Abstrak harus dilengkapi ringkasan naskah, mencakup seluruh kata kunci yang diurut berdasarkan kepentingannya. Abstrak harus menggambarkan ringkasan artikel dan mencakup seluruh tulisan. Penggunaan singkatan dalam abstrak tidak diperbolehkan.
      1. Pendahuluan: memuat latar belakang, masalah, tujuan, dan manfaat penelitian.
  2. Pembahasan: disajikan sesuai dengan topik yang dibicarakan.
    1. Simpulan: disajikan dalam ruang tersendiri, terpisah dari pembahasan.
    2. Ucapan terima kasih: ucapan terima kasih tidak wajib disajikan. Umumnya, ucapan terima kasih disampaikan kepada pemberi dana penelitian. Selain itu, ucapan terima kasih dapat juga ditujukan kepada lembaga atau perseorangan yang telah membantu penelitian atau proses penulisan ilmiah.
    3. Daftar pustaka: disusun secara alfabetis menurut nama dan tahun terbit. Singkatan majalah/jurnal berdasarkan tata cara yang dipakai oleh setiap jurnal. Penulisan daftar pustaka pada artikel non-penelitian disusun sama seperti artikel penelitian di atas. Penggunaan buku acuan yang disarankan sepuluh tahun terakhir.

 

  1. Pengiriman dapat dilakukan kapan saja dengan mengirim ke LINGUISTIKA di ojs.unud.ac.id  dalam dalam bentuk soft copy dengan mendaftar sebagai user terlebih dahulu.
  2. Penulis korespondensi bertanggung jawab terhadap keaslian isi naskah. Untuk mempercepat proses penelahaan tulisan tersebut, penulis sebaiknya menyodorkan sedikitnya tiga penelaah (reviewer) yang tidak bekerja dalam satu lembaga, sertakan pula alamat, telepon, dan alamat e-mail penelaah yang direkomendasikan. Untuk mempermudah dan mempercepat proses, penelaah yang direkomendasi disarankan penelaah yang memiliki alamat e-mail.
  3. Keputusan redaksi dalam memutuskan artikel ditolak/dimuat dengan perbaikan/dimuat tanpa perbaikan tidak dapat diganggu gugat. Kepastian pemuatan atau penolakan naskah akan diberitahukan secara tertulis melalui alamat e-mail penulis. Artikel yang tidak dimuat tidak akan dikembalikan.